Pada kesempatan kali ini saya akan memberitahukan manfaat dan macam macam jenis bayam dan juga manfaat yang terkandung di dalamnya. Sebelumnya saya juga pernah membuat mengenai cara mengolah bayam menjadi keripik yang enak dan renyah.

Di artikel itu saya memberikan cara membuat keripik bayam dan langkah langkah yang harus teman teman lakukan. Nah tapi apakah teman teman tahu jenis jenis dari sayuran yang satu ini?

Pastinya belum semua orang mengetahui jenis jenis dari sayuran bayam ini. Karena biasanya kita hanya membeli dan memasaknya tanpa mengetahui jenisnya. Berikut ini saya akan memberikan jenis jenis bayam yang ada di pasaran.

jenis jenis bayam

Jenis Jenis Bayam

1. Bayam cabut

Yang satu ini sering disebut sekul, memiliki beberapa ada warna kemerah-merahan dan ada pula yang berwarna hijau keputih-putihan (bayam putih). Bayam sekul berbunga pada ketiak daun. Jenis bayam yang satu ini biasanya dijual dengan akaranya dengan bentuk ikatan sebesar lingkaran dua jari. Giti Hijau dan Giti Merah merupakan salah satu jenis yang dianjurkan untuk ditanam.

2. Bayam Tahun

Biasanya juga sering disebut dengan bayam sekop atau kakap ini cirinya yaitu berdaun lebar. Jenis yang satu ini memiliki dua varietas, yaitu varietas caudatus dan varietas paniculatus. Varietas caudatus berdaun agak panjang ujungnya runcing dan berwarna hijau atau merah tua, serta bunganya merangkai panjang di ujung-ujung batang.

Sedangkan, Varietas paniculatus memiliki dasar daun yang lebar dengan hijau pada daunnya . Bentuk dari bunganya panjang serta tersebar diketiak daun atau cabang, tetapi letaknya lebih teratur daripada varietas caudatus, jenis yang satu ini memiliki biji berwarna putih, yang dikenal dengan nama bayam maksi.

3. Bayam Merah

Jenis bayam yang satu ini habitat asalnya dari negara amerika tropis dan menyebar tumbuh dengan baik dinegara negara beriklim tropis dan subtropis seperti Indonesia ini. Jenis yang satu ini bisa tumbuh sepanjang tahun dan biasanya ditemukan pada wilayah ketinggian hingga 2000m dpl.

Bayam ini merupakan salah satu jenis dari beberapa varietas bayam yang ada, diantaranya bayam hijau, bayam duri, bayam tanah dan lain sebagainya. Bayam merah terbagi menjadi 2, yaitu bayam merah yang seluruh daun dan batangnya berwarna merah dan yang berdaun merah namun batang berwarna hijau.

Manfaat Daun Bayam Untuk Kecantikan :

jenis jenis bayam

1. Memperbaiki Sel Kulit

Vitamin C yang terkandung di dalamnya juga bermanfaat untuk memperbaiki sel kulit yang rusak. Selain itu vitamin ini juga dapat membuat kolagen yakni protein yang berfungsi membuat sel kulit baru, jika tanpa vitamin C yang cukup kulit akan terlihat kering.

Selain masker, dengan mengonsumsi jus bayam yang dicampur dengan beberapa sayuran dan juga buah lain seperti tomat, wortel dan mentimun juga sangat baik untuk mencegah pertumbuhan jerawat dari dalam.

2. Mencegah Jerwat

Kandungan senyawa yang baik didalamnya juga dapat membantu mengatasi pertumbuhan jerawat yang meradang. Anda bisa mengaplikasikan menjadi masker bayam yang dibuat dengan menghaluskan bayam dengan air dan gunakan masker berbahan bayam ini selama 20 hingga 25 menit.

3. Mencerahkan Kulit

Bayam juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit, kandungan sumber zat besi yang ada didalamnya merupakan bagian penting dari hemoglobin. Protein inilah yang membuat dan berfungsi mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh termasuk kulit sehingga tampak lebih segar dan juga cerah.

Mungkin hanya itulah jenis jenis bayam dan manfaat yang terkandung didalamnya yang bisa saya sampakan. Semoga bermanfaat, kurang lebihnya mohon maaf sekian dan terimakasih.