Pada artikel kali ini saya akan memberitahukan manfaat dari wortel untuk kesehatan tubuh kita. Sebelum kita membahas manfaatnya, saya ingin bertanya terlebih dahulu apakah wortel itu termasuk jenis buah atau sayuran ?

Menurut salah satu sumber yang saya dapatkan, wortel tidak termasuk ke dalam jenis buah-buahan. Karena wortel termasuk ke dalam umbi-umbian, jadi jika ada yang menanyakan wortel itu sayur atau buah jawabannya yaitu sayur.

Nah apakah teman-teman sudah tahu dan jelas mengenai wortel ? Baiklah jika sudah jelas, kita langsung ke pembahasan selanjutnya yaitu manfaat dari wortel. Sebelumnya saya juga pernah membuat artikel mengenai cara mengolah wortel menjadi keripik wortel yang enak dan renyah.

Oke tidak usah panjang lebar, berikut ini saya akan memberikan beberapa manfaat yang akan kita dapatkan jika sering mengonsumsi sayuran ini.

manfaat dari wortel

Manfaat Dari Wortel :

1. Kaya Akan Vitamin Dan Mineral

Sudah banyak orang yang mempercayai manfaat dari wortel ini, karena sayuran ini dikenal sebagai sumber vitamin A yang sangat tinggi. Kandungan vitamin A yang berada didalam wortel sebesar 12000 Sl.

Selain vitamin A yang tinggi wortel juga memiliki banyak kandungan zat lain didalamnnya, diantaranya yaitu kalori, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, beta karoten, zat besi, vitamin B1 dan vitamin C. Berbagi kandungan vitamin dan zat yang melimpah didalam wortel, membuat anda semakin yakin bahwa wortel sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

2. Mencegah Rabun Dan Memperbaiki Pengelihatan

Salah satu manfaat dari wortel bagi kesehatan pastinya sudah banyak yang mengetahuinya. Wortel disebut-sebut sebagai sayuran yang baik untuk mata. Karoten dan vitamin A yang terkandung didalamnya dapat membantu mencegah terjadinya rabun senja dan juga memperbaiki penglihatan yang mulai lemah.

Jadi, apabila seseorang mengalami penurunan daya penglihatan sangat disarankan untuk lebih sering mengonsumsi wortel. Jika memang kurang suka menyantap wortel dalam keadaan utuh, Anda bisa memarutnya dan mengonsumsi air perasaannya, atau bisa juga mengonsumsi wortel dalam bentuk jus. Sehat sekali bukan?

3. Membuat Kulit Menjadi Semakin Bercahaya

manfaat dari wortel

Selain untuk mengobati dan menyehatkan mata, wotel juga dapat membuat kulit semakin bercahaya. Karena wortel mengandung senyawa karotenoid, senyawa ini memiliki fungsi untuk mencerahkan kulit serta memberikan rona pada wajah.

4. Mempertajam Ingatan

Apakah anda sering mengalami kesulitan untuk mengingat sesuatu yang sangat penting ? Jika benar saya sarankan agar anda mengonsumsi wortel secara rutin. Karena sayuran ini mangandung vitamin B yang dapat membantu mempertajam ingatan anda.

Semakin sering anda mengonsumsi wortel secara rutin, itu akan sangat bagus untuk mempertajam memori ingatan anda. Memori otak anda akan semakin cemerlang dan tentu saja hal tersebut akan membuat Anda semakin mudah untuk mengerjakan atau mempelajari banyak hal.

5. Kaya Kandungan Antioksidan

Hidup di masa kini memang membuat banyak orang harus terpapar polusi setiap harinya. Belum lagi jika mengonsumsi makanan yang tidak sehat dapat membuat seseorang semakin sulit untuk terhindar dari radikal bebas.

Sangat disarankan dan juga sangat penting mengonsumsi wortel secara rutin, agar radikal bebas dapat ditangkal sehingga tidak memberikan efek merugikan dalam tubuh. Jika anda mengonsumsi wortel dalam jangka panjang bisa membuat tubuh tetap sehat dan juga terhindar dari berbagai penyakit yang berbahaya seperti kanker.

Mungkin cukup sakian artikel yang hanya bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga teman-teman terbantu dengan adanya artikel kali ini, mohon maaf bila ada kesalahan kata-kata sekian dan terimakasih.