Berikut Model Seragam Batik Kantor Yang Populer

Pada dasarnya artikel kali ini saya akan membahas mengenai model seragam batik kantor yang populer di masyarakat indonesia ini. Simak pembahasannya.

Pembahasan Model Seragam batik Kantor

model seragam batik kantor

Batik ialah kain yang dilukis dengan cairan lilin malam menggunakan alat yang dinamakan  canting sehingga di atas kain tersebut terdapat lukisan bernilai seni tinggi.

Namun ada pendapat lain yang mengatakan batik ialah kain bergambar yang dibuat khusus dengan cara menuliskan lilin pada kain mori kain tenun berwarna putih bahan untuk membuat batik.

Kemudian kain tersebut diolah melalui proses tertentu sehingga menjadi pakaian yang bernilai guna tinggi.

Secara terminologi dan etimologinya, batik berasal dari bahasa Jawa yaitu dari kata “mbat” (melempar) dan “titik”, yang berarti melempar titik berkali-kali pada kain.

Sederhananya batik merupakan seni dalam menghias kain dengan penutup lilin untuk membentuk corak hiasan tertentu serta membentuk sebuah bidang pewarnaan.

Batik ini tidak hanya dipakai maupun digunakan untuk pesta dan menghadiri acara resmi namun untuk pekerja kantor juga menjadi salah satu kostum yang sering sekali digunakan karena memang dari sisi desain dan tampilan sangat rapi dan mempesona.

Batik ini juga yang sangat khas dengan motifnya dari dulu sampai sekarang masih banyak digunakan terutama pada hari-hari tertentu saja. contohnya hari rabu diharuskan memakai baju batik untuk semua karyawan kantor.

Dengan pesatnya perkembangan batik dewasa tersebut maka di imbangi juga dengan hadirnya model yang terus berkembang sesuai dengan proses pertumbuhan. Selera dari masyarakat ini akan berbusana yang semakin sempurna terutama pada bagian kombinasi motif dan warna selanjutnya model.

Dulunya kita hanya mengenal berberapa jenis model baju batik saja yang di desain dengan model kendor, namun sekarang tidak demikian ada banyak gaya yang bisa memberikan dongkrak lebih dalam dan dapat menambah penampilan anda semakin menarik khususnya dalam menggunakan batik.

Seragam baju batik tersebut juga memiliki banyak model-model tersendiri dan tentunya sangatlah elegan dan bagus salah satunya seragam batik kantor. Seragam ini juga memiliki model tersendiri.

Model seragam batik kantor dari sisi warna lebih dominan mengambil warna yang terang contonya saja putih yakni netral kemudian dari sisi motif batik yang seragam sendiri bisa memilih warna orange, pink putih kombinasi biru atau gelap juga bisa semuanya memang kembali pada selera masing masing.

Kombinasi seragam batik belakangan tersebut juga begitu populer dikalangan wanita karir dimana sangat cocok sekali dipakai bagi kamu yang tidak tampil dalam nuansa islami misalnya.

Nah, tentu kamu bisa memilih baju batik kerja lengan ¾ atau lengan pendek dan untuk model bawahannya dapat memakai celana jeans atau celana kain polos warna hitam atau kamu juga bisa memakai model rok kebaya atau rok span sebagai pasangan baju atasannya.

3. Ciri-Ciri Seragam Batik Kantor

Kain batik ini juga memiliki yang namanya karakteristik yang unik dan tidak dimiliki oleh jenis kain lainnya. Berikut ini adalah ciri-ciri batik secara umum:

1. Batik Tradisional

  • Memiliki corak dengan makna simbolik.
  • Corak batik yang terdapat bebrapa variasi hias motif seperti ular, pagoda, geometris, serta barong.
  • Warna batik ini juga cendrung gelap (coklat kehitaman, warna hitam) dan putih.
  • Umumnya motif batik memiliki ciri khas daerah asalnya.

2. Batik Modern

  • Corak pada batik tidak mengandung makna khusus.
  • Corak batik biasanya memiliki bentuk tumbuhan, rangkaian bunga, dan lain-lain.
  • Warna batik juga sangat cenderung bebas (biru, merah, ungu, dan lain-lain).

Sekian dari yang saya yang dapat saya sampaikan mengenai model seragam batik kantor semoga dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi anda semua. Terimaksih.