Sosis Saus Tiram Dengan Bumbu Super Legit Dan Mudah Dibuat

Sosis saus tiram merupakan makanan yang banyak digandrungi oleh  banyak orang, tidak hanya anak – anak dikalangan orang dewasa pun banyak yang suka. Ok langsung saja kita ke topiknya.

Sosis Saus Tiram Dan Cara Membuat

Bahan :

  • 10 buah sosis, potong serong
  • bawang bombay 2 buah, potong jadi dua, iris-iris
  • wortel 2 buah, potong serong
  • 2 siung bawang putih, geprak dan cincang kasar
  • 4 sdm saus tomat (bisa diganti saus sambal)
  • saus tiram 1 sdm
  • kecap asin 1 sdm
  • kecap manis 1 sdm
  • merica 1 sdt
  • tepung maizena 1 sdm
  • 100 ml air
  • 1 sdm mentega ( bisa juga pakai minyak sayur )

Langkah :

  1. Panaskan dulu mentega / minyak kemudian tumis sosis sampai berubah warnanya. Setelah itu masukkan bawang putih dan tumis sampai tercium harum. Masukkan wortel dan bawang bombay, aduk rata.
  2. Selanjutnya masukkan saus tomat, saus tiram, kecap asin, kecap manis, dan merica. Lalu masukkan air dan aduk merata. Masak hingga sayur layu dan bumbu meresap.
  3. Cairkan tepung maizena dengan 3 sdm air. Campur semua ke dalam masakan, dan aduk rata sampai kuah mengental.

Varian resep Sosis Saus Tiram

1. Sosis Saus Tiram Oseng Jagung

Bahan :

  • 250 gr jagung semi
  • 10 buah sosis,aku pake sosis cam
  • 6 buah cabe hijau besar
  • 1 buah bawang bombay
  • 3 buah bawang merah
  • 3 buah bawang putih
  • 1 bks sauri
  • garam,gula,sasa,kecap manis,secukupnya

Langkah :

  1. Iris jagung memanjang setelah itu Iris sosis panjang, goreng sebentar
  2. Cabe hijau iris secara serong
  3. Iris semua bawang,lalu goreng hingga harum lalu masukkan jagung cabe hijau beri sedikit air tunggu setengah masak
  4. Bila sudah setengah mateng masukkan sosis,lalu beri Sauri,sedikit garam,sedikit sasa,beri sedikit gula dan beri kecap manis sesuai selera
  5. Lalu koreksi rasa dan sajikan

2. Oseng Tempe Sosis Saus Tiram

Bahan :

  • 2 papan tempe
  • 2 buah sosis
  • Ladaku
  • Saori
  • 2 buah bawang merah
  • 1 buah bawang putih
  • 2 buah cabai merah
  • 13 buah cabai rawit

Langkah :

  1. Potong dadu tempe dan sosis potong serong. Lalu goreng setengah matang
  2. Iris bawang dan cabai
  3. Panaskan minyak secukupnya, lalu tumis bawang + cabai hingga harum
  4. Setelah bumbu harum, masukkan tempe + sosis, saori, sedikit lada bubuk, garam secukupnya, dan sedikit air. Aduk-aduk, icip rasa, diamkan sampai kering. Angkat dan sajikan

3. Pokchoy Sosis Saus Tiram

Bahan :

  • sendok Pokchoy/sawi
  • iris Sosis,
  • iris Bawang bombay,
  • Bawang putih, cincang
  • Garam
  • Gula pasir
  • Merica
  • Kaldu bubuk
  • Minyak sayur untuk menumis
  • Air
  • Daun bawang, tahu

Langkah :

  1. Cuci, lalu rendam sebentar pokchoy di air garam. Rebus kurang lebih 3 menit, jangan overcook biar masih krenyes-krenyes waktu dimakan. Tiriskan, tata dalam piring
  2. Panaskan wajan, masukkan minyak. Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai layu
  3. Masukkan sosis dan tahu, aduk sebentar
  4. Tambah saos tiram, gula, garam sedikit saja karena saos tiram sudah asin, kaldu bubuk, dan merica. Beri sedikit air, koreksi rasa
  5. Masukkan daun bawang lalu masak sampai matang
    Siram di pokcoy rebus tadi

4. Mie Sosis Saus Tiram

Bahan :

  • sosis
  • mie rebus, bisa pake mie indomiee
  • telur
  • masako
  • bawang merah
  • bawang putih
  • bombay
  • cabe

Langkah :

  1. Masak mie stengah mateng.
  2. Lalu gulung sosis dengan mie
  3. Dicelupkan ke telur yg sudah dicampur bumbu dari mie indomie
  4. Lalu masak sosis kedalem minyak goreng setelah mateng tiriskan minyak..
  5. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga wangi
  6. Campurkan bombay dan cabe hingga gi layu lalu tuangkan saus dan air hingga mendidih
  7. Masukan sosis dan siap disajikan

Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat. Dan jika sobat ingin membuat sosis sendiri tanpa harus membelinya sobat dapat menggunakan mesin pembuat sosis karena mesin ini sangat praktis dan mudah untuk di operasikan dengan semestinya.

 

Cara Buat Kue Donat Sederhana Dan Juga Mantap

Cara buat kue donat itu sederhana dan simple. Dan sekarang saya akan berbagi resep dan langkah untuk buatnya, semoga bermanfaat ya. Kami juga menjual mesin pembuat donat.

cara buat kue donat

Cara Buat Kue Donat

Bahan :

  • 275 gram tepung terigu protein tinggi
  • 2 sdm mentega tawar
  • 1 butir telur
  • 1/2 sdt garam
  • 85 ml susu cair
  • minyak padat untuk menggoreng

Bahan Untuk Biang :

  • 2 sdt gula pasir
  • 10 0ml susu cair hangat
  • 25 gram tepung terigu protein tinggi
  • 12 gram ragi segar

Bahan Pelapisa Donat :

  • 125 gram gula donat

Langkah Kesatu :

  1. Dan hal yang pertama yaitu, silahkan lakukan dengan mempersiapkan peralatan – peralatan dan bahan – bahan yang akan dibutuhkan untuk membuat adonan donat kali ini. Dan beberapa peralatan ini yang akan membantu anda untuk dapat membuat adonan dengan lebih mudah dan lebih sederhana.
  2. Untuk itu juga, maka pastikan bila anda mempersiapkan semua peralatan dengan baik. Dan adapun juga beberapa peralatan – peralatan tersebut diantaranya adalah baskom, loyang, wajan, dan piring saji.
  3. Dan juga setelah itu selesai mempersiapkan peralatan, silahkan taburi loyang yang sudah anda siapkan dengan menggunakan tepung terigu secara merata.
  4. Lalu sisihkan sementara, adapun juga maksud dan tujuan untuk melumuri loyang dengan menggunakan tepung terigu adalah supaya nantinya adonan donat tidak lengket dalam loyang.
  5. Selanjutnya, kita akan buat bahan biangnya. Caranya masukkan ragi bersama dengan susu hangat dan aduk-aduk bahan tersebut secara merata bersama dengan gula pasir.

Langkah Kedua :

  1. Setelah itu aduk – aduk bahan tersebut secara merata dan diamkan selama kurang lebih 20 menit sampai bahan bahan tersebut berbusa. Setelah itu, sisihkan sementara.
  2. Bila sudah selesai membuat adonan biang, lalu silahkan lanjutkan dengan membuat adonan donat. Caranya, masukkan tepung terigu bersama dengan susu cair, telur dan bahan biang yang sudah anda buat.
  3. Setelah itu aduk-aduk bahan ini secara merata sampai semuanya tercampur merata. Uleni juga bahan ini sampai kalis.
  4. Setelahnya masukkan garam bersama dengan mentega tawar, uleni kembali hingga bahan ini menjadi lebih elastis secara merata. Lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit.
  5. Dan juga kempiskan adonan dengan menggunakan tagan, lalu timbang adonan masing-masing sebanyak 30 gram. Setelah itu bulatkan adonan dan diamkan kembali selama kurang lebih 10 menit.
  6. Selanjutnya, silahkan pipihkan adonan dengan menggunakan tangan. Dan juga lubangi adonan dengan menggunakan cetakan atau dengan menggunakan tutup botol degan diameter yang cukup.
  7. Masukkan dalam loyang yang sudah diberikan dengan tepung terigu. Lalu diamkan selama kurang lebih 40 menit hingga bahan tersebut menjadi mengembang secara merata.
  8. Siapkan wajan dan masukkan minyak goreng kedalamnya untuk kemudian tunggu sampai minyak goreng menjadi lebih panas secara merata.
  9. Dan goreng adonan kedalamnya sampai menjadi lebih kekuningan secara merata. Angkat dan tiriskan secara merata.

Manfaat Donat Bagi Kesehatan

1. Membantu Metabolisma

Dan juga potassium membantu proses metabolisma karbohidrat dan lemak. Potassium turut juga ikut berperan didalam membantu tubuh untuk memperoleh energi dari makanan yang kita konsumsi.

2. Mengatur Keasaman dalam Tubuh

Proses metabolisma dari dalam tubuh yang menghasilkan beberapa dan berbagai asam yang juga dapat meningkatkan keasaman (pH) tubuh yang harus dinetralkan oleh senyawa yang bersifat basa. Potassium adalah salah satu mineral yang juga bersifat basa dan sangat berperan dalam menetralkan keasaman cairan tubuh.

3. Membantu Fungsi Otak

Untuk mencukupi kebutuhan potassium bagi tubuh dapat membantu fungsi otak. Dan dengan kata lain potassium yang terkandung di dalam kentang dapat membantu lancarkan fungsi otak. Potassium juga membantu transport oksigen dan bertindak sebagai neurotransmitter yang membawa sinyal-sinyal syaraf.

Cara Membuat Popcorn Caramel Yang Bikin Ketagihan:)

Hallo semua!!!kali ini saya akan memberitahu kalian semua cara membuat popcorn caramel yang cocok untuk cemilan dirumah.Popcorn bisa dibuat dengan mesin popcorn maupun tidak.

Macam Macam Cara Membuat Popcorn Caramel

1.Cara Membuat Popcorn Caramel

cara membuat popcorn caramel

Bahan-bahan

  • 2 genggam jagung pipit kering
  • 2 sdm Mentega
  • 4 Gula merah, disisir
  • 3 sdm Gula pasir
  • 1 sdm Susu kental manis
  • Sejumput garam.

Langkah-Langkah Membuat Popcorn Caramel

  1. Siapkan bahan-bahannya
  2. Panaskan 2sdm mentega di penggorengan yang tidak terlalu besar untuk popcornnya. Masukkan jagung, tutup wajan atau telfonnya biar tidak loncat loncat jagungnya.
  3. Sambil sesekali diaduk biar ga gosong. Kalo sudah tidak bunyi letusan, berarti jagung sudah matang semua. Sisihkan kewadah.
  4. Panaskan 1sdm mentega diwadah yang lain, masukkan gula merah, gula putih, skm, dan garam. Tunggu sampai larut dan bercaramel.
  5. Tuang caramel ke popcorn, aduk dengan cepat ya. Agar caramelnya tidak menggumpal, dan biar semua merata ke popcornnya.

2.Cara Membuat Popcorn Caramel Newbie

cara membuat popcorn caramel

Bahan-bahan

  • 1 bks biji jagung +- 1 ons, dimasak jd 4 kloter
  • 1 bks margarin (lebih enak pk Butter, tp sy adanya itu)
  • 4 sendok makan gula pasir
  • Sejumput Garam
  • 125 ml air kurang lebih(+-1 gelas)
  • 1/4 sendok teh kayu manis bubuk (optional, sy ngga pake)

Langkah-Langkah Membuat Popcorn Caramel Newbie

  1. Siapkan teflon/panci dan tutupnya. Panaskan teflon, lalu masukkan 3 sendok margarin butter sampai mencair.
  2. Masukkan jagung, aduk-aduk sebentar saja agar semua bijinya terlumuri margarin. Lalu tutup sambil digoyangkan teflonnya, untuk memastikan semua biji jagungnya merekah. Kecilkan api dan sisihkan popcorn kedalam wadah yang sudah ada, teflonnya bersihkan dari sisa popcorn untuk dipakai lagi bikin saus caramel.
  3. Panaskan teflonnnya kembali,masukkan air dan gula lalu aduk sampai menjadi larut.
  4. Masukkan sejumput garam dan bubuk kayu manis agar ada rasa gurih dan harum. Aduk sesekali, jangan terlalu sering. Kalau perlu teflonnya saja yg digoyang-goyang. Biarkan sampai air benar-benar menguap. Tandanya yaitu kalau saus caramel sudah terlihat seperti berbuih, dicek aja lalu masukkan popcorn kedalam teflon. Jika menyusut berarti masih ada air, tapi klo ngga berarti saus caramelnya udah matang dan kecilkan apinya.
  5. Setelah saus caramelnya matang, masukkan popcorn sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai merata dengan kompor yang masih menyala dengan api kecil. Jangan diaduk dengan kompor mati, nanti sausnya cepat lengket dan ngga merata di popcorn.
  6. Popcorn ready to serve. Selamat mencoba.

3.Cara Membuat Popcorn Caramel Homemade

cara membuat popcorn caramel

 

Bahan-bahan

  • 100 gr jagung pipil kemasan
  • 2 sdm mentega
  • 100 gr gula pasir
  • 50 gr gula merah

Langkah-Langkah Membuat Popcorn Caramel Homemade

  1. Panaskan mentega, masukan jagung, tutup sampai semua mengembang, sisihkan.
  2. Panaskan wajan, lalu lelehkan gula pasir dan gula merah lalu masukan kental manis, tambahkan air sedikit demi sedikit, sampai semua mengental, matikan api.
  3. Campurkan jagung ke dalam saus, aduk semua sampai merata, diamkan dan hidangkan sesudah dingin.

4. Cara Membuat Popcorn Caramel Ala Bioskop:)

 

cara membuat popcorn caramel

Bahan-Bahan

  • Jagung kering untuk popcorn
  • Margarin
  • Susu kental manis
  • 3 Sdm Gula
  • 1 Sdt Vanili
  • Garam

Langkah-Langkah Membuat Popcorn Caramel Ala Bioskop:)

  1. Masukan gula pasir dan air ke dalam telfon atau wajan kecil.
  2. Nyalakan api kecil kemudian aduk.
  3. Jika gula berubah warna seperti kecoklatan, masukan vanili 1 sdt.
  4. Masukan susu kental manis 3 sdm
  5. Taburkan garam secukupnya.
  6. Aduk sampai mendidih.
  7. Balurkan ke popcorn yang sudah matang.

5. Cara Membuat Popcorn caramel susu keju

Bahan Bahan

  • 1 sachet popcorn leo instan
  • 2 sdm mentega/butter salt
  • 5 sdm gula pasir
  • 1 sdm susu bubuk full cream
  • secukupnya keju di parut

Langkah-Langkah Membuat Popcorn Caramel Vanila

  1. Lelehkan mentega/butter dengan api yang kecil,masukan gula pasir aduk rata sampai gula menjadi larut. Aduk-aduk terus jangan ditinggal jangan sampai menjadi gosong.Aduk-aduk pakai spatula.
  2. Setelah tekstur jd encer masukan susu dan parut keju, aduk2 smpe mendidih dengan api kecil. Setelh mendidih. Matikan api. Di diam kan 2-3 mnt. Masukkan popcorn instan yg sdh d oven terlebih dahulu ke dalam panci yg ad saus caramel ny td d aduk2 smpe semua terkena saus rata. Sdh dehhhh pindahin k wadah
  3. Ngebake popcorn instans : panaskan oven terlebih dahulu dengan api atas bawah suhu 250 drjt selamat 15 mnt. Lalu pindahkan popcorn ke dalam loyang. Pakai suhu 250 derajat,api atas, selama -+20 mnt

6.Popcorn Caramel Gurih

cara membuat popcorn caramel

Bahan:

  • 1 cup jagung popcorn
  • 100 gram mentega
  • Bahan Karamel
  • 75 ml susu kental manis
  • 100 gram gula pasir
  • 200 ml air
  • 1 sdt essence vanila
  • 1/2 sdt soda kue
  • 100 gram mentega

Langkah-Langkah Membuat Popcorn Caramel Gurih

  1. Masukkan sedikit mentega dalam wajan.
  2. Tuang jagung ke dalam wajan secukupnya.
  3. Aduk-aduk, dan setelah muncul jagung yang mengembang tutup wajan namun jangan terlalu rapat.
  4. Kecilkan api dan tunggu sampai semua popcorn mengembang.
  5. Masukan karamel dengan  cara mencampurkan gula, susu, air, dan essence vanila sampai merata.
  6. Masak di wajan dengan api yang kecil sampai warna berubah menjadi kecoklatan.
  7. Matikan api dan masukkan soda kue.
  8. Tambahkan mentega dan aduk rata.
  9. Tuangkan karamel di atasnya popcorn dan aduk-aduk dengan cepat sampai merata.
  10. Panggang dengan api yang kecil kurang lebih 30 menit sambil diaduk selama 10 menit sekali.
  11. Dinginkan dan popcorn siap disajikan.

7.Popcorn Caramel Keju Lada

cara membuat popcorn caramel

 

Bahan Bahan

  • 750 gr popcorn mentah
  • 25 gr mentega
  • 1 sdt merica bubuk
  • 250 gr keju cheddar parut
  • 1 sdt garam halus

Langkah-Langkah Membuat Popcorn Caramel Keju Lada

  1. Masukkan popcorn ke dalam wajan atau telfon, tutup dan jerangkan di atas api sedang. Biarkan hingga popcorn merekah;
  2. Lelehkan mentega, taburi merica bubuk dan aduk-aduk
  3. Taburkan keju parut di atas popcorn. Tambahkan mentega yang sudah dikasih merica dan bumbu i garam halus lalu aduk-aduk
  4. Hidangkan segera sebagai teman camilan nonton film favorit.

8.Popcorn Caramel Resep Dari Mamak Haji:)

cara membuat popcorn caramel

Bahan pocorn:

  • 1/2 cup jagung popcorn
  • 1/4 cup minyak sayur

Bahan caramel:

  • 1 cup gula pasir
  • 125 gr unsalted butter
  • 1/4 sdt garam (resep asli tidak ada)

Cara membuat popcorn

  1. Siapkan panci di atas kompor dengan api yang sedang.
  2. Tuang minyak dan biarkan hingga panas. Untuk mengetesnya bisa masukkan satu atau dua jagung jika meletup maka minyak sudah siap.
  3. Masukkan jagung dan segera tutup pancinya.
  4. Goyang-goyangkan panci biar panasnya bisa merata dan hasilnya tidak gosong.
  5. Jika sudah berhenti meletup, maka popcorn sudah jadi.
  6. Tuang ke dalam wadah dan buang sisa-sisa jagung yang gagal atau sisihkan saja.

Langkah-langkah membuat caramel

  1. Dalam telfon masukkan mentega, gula pasir dan garam.Nyalakan api yang sedang saja.
  2. Aduk hingga mentega leleh dan tercampur rata dengan gula pasir.
  3. Diamkan hingga mendidih, jangan diaduk! Masak hingga berwarna kecoklatan maksimal 10 menit. Jangan terlalu lama karena caramel bisa menjadi gosong dan terasa pahit.
  4. Setelah matang, angkat dan segera tuangkan hingga merata ke popcorn yang berada dalam wadah besar
  5. Aduk-aduk hingga merata.
  6. Cara aduk-mengaduk ini harus dilakukan dengan cepat ya, karena kalau sampai dingin maka caramel akan mengeras.
  7. Setelah rata, tuang ke permukaan yang telah dilapisi oleh kertas roti agar dingin dan mengering.

9.Popcorn Caramel Warna-Warni

cara membuat popcorn caramel

Bahan-bahan

  • 40 gr jagung popcorn instan
  • 50 gr gula pasir
  • Secukupnya perisa makanan
  • 100 ml minyak goreng
  • Secukupnya pewarna makanan

Cara Bikin Popcorn caramel Manis Warna-warni :

  1. Siapkan semua bahan-bahan, lalu campur minyak goreng, jagung, dan gula. Aduk-aduk sebentar sampai rata.
  2. Campurkan pewarna makanan dan perasa makanan
  3. Masak campuran tersebut dengan api sedang sampai muncul buih, sambil diaduk-aduk
  4. Setelah muncul buih tutup panci rapat-rapat, sambil goyang-goyangkan panci agar gula tidak gosong.
  5. Setelah bunyi letusan sudah tidak ada, buka panci dengan hati2
  6. Pindahkan popcorn ke wadah lain untuk didinginkan. Lalu masukkan wadah tertutup agar tidak melempem. Selamat mencoba

10.Popcorn Caramel XXI low Budget

cara membuat popcorn caramel

Bahan-bahan

  • 1 bungkus o’corn yang kecil
  • 1 bulat gula merah
  • 2 SDM gula pasir
  • 2 SDM mentega
  • 1/2 sdt garam
  • 75 ml air mineral

Langkah-Langkah Membuat popcorn XXI low Budget

  1. Siapkan bahan-bahannya.
  2. Masukkan popcorn, masak dengan api yang kecil, tutup, dan digoyang-goyang sampai tidak terdengar suara meledak seperti petasan.
  3. Iris tipis-tipis gula merah agar cepat mencair saat pembuatan karamel.
  4. Tambahkan semua bahan, Aduk-aduk hingga semua mengental
  5. Masukkan popcorn, aduk dan campur hingga merata.
  6. Hidangkan Setelah dingin sudah bisa dimasukkan ke toples.

11.Popcorn  Caramel & Spicy Caramel

cara membuat popcorn caramel

Bahan-Bahan

  • 1 sdm Gula Pasir
  • 1 sdm Skm Vanila
  • 250 gr Jagung Popcorn siap pakai (dibagi 2)
  • 3 sdm Mentega
  • 3 sdm Gula Merah
  • 1/2 sdt garam
  • 1 bngks Boncabe Level 15 (atau sesuai selera)

Langkah-Langkah Membuat Popcorn  Caramel & Spicy Caramel

  1. Buat Popcorn terlebih dahulu. Masak dengan api sedang 1 sdm mentega, cairkan. Masukkan popcorn. Tunggu Hingga Popcorn tidak meletus lagi, sisihkan.
  2. Untuk Caramelnya, masak dengan api kecil 2 sdm mentega, tunggu hingga cair. Kemudian tambahkan Gula merah, gula pasir, skm dan garam. Aduk sesekali. Tunggu Hingga mendidih (sekitar 3-4 menit).
  3. Selagi caramel panas, campur dengan popcorn. Aduk hingga semua popcorn terlumuri caramel. Terus dicampur hingga agak dingin agar popcorn tidak lengket 1 sama lain. Setelah dingin Simpan ditoples.

Demekian sebuah informasi dari saya mengenai cara membuat popcorn caramel yang pas dijadikan camilan keluarga.Semoga bermanfaat bagi para pembaca.Selamat mencoba.

Cara Membuat Jus Kurma Asli Enak, Lezat dan Gampang Buatnya, Mau Tau?

Semua orang yang tinggal di Arab pasti  tau dengan buah yang satu ini, iya siapa lagi kalo bukan buah kurma. Tapi buah ini tidak hanya di arab saja di indonesia juga sudah banyak yang jual.

Kurma sering muncul di saat lagi bulan puasa, karena buah ini di jadikan untuk takjil pada saat buka puasa. Dan buah ini sudah ada pada jaman terdahulu sejak nabi Muhamad SAW.

Nah, pada artikel kali saya akan menjelaskan tentang cara membuat jus kurma asli yang gampang dan bikin ngiler. Tapi sebelum ke cara pembuatan nya mari kita ketahui dulu daerah mana yang memiliki kebun kurma terbesar.

 

Kurma

cara memubuat jus kurma asli

 

Buah yang sering kita jumpai di negara arab yaitu buah kurma adalah buah yang berasal dari pohon Kurma Phoenix dactylifera yang telah banyak dibudidayakan di berbagai negara yang beriklim tropis dan subtropis.

Dalam penanaman nya, Pohon Kurma yang juga merupakan keluarga dari pohon palem ini membutuhkan kondisi arid gersang dan semi-kering di wilayah yang musim panasnya panjang.

dengan curah hujan yang seminimal mungkin serta tingkat kelembabannya relatif rendah selama periode pematangan.

Berdasarkan kebutuhan iklim and kondisi lingkungan, kawasan geografis yang paling cocok untuk membudidayakan pohon. Kurma ini adalah kawasan di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Sehingga kawasan tersebut dikenal sebagai kawasan pengekspor buah kurma untuk seluruh dunia.

Buah Kurma yang berbentuk lonjong silinder dengan panjang sekitar 3-7cm dan diameter 2-3cm ini merupakan makanan tradisional umat Islam untuk berbuka puasa pada saat bulan Ramadan.

 

Berikut Cara Membuat Jus Kurma Asli Enak, dan Simple

cara membuat jus kurma asli

1.Cara Membuat Jus Kurma Asli

Bahan-Bahan:

  • 4-5 butir butir kurma yang sudah matang dan sudah di pisahkan dengan bijinya
  • Gula pasir sesuai selera masing masing
  • Susu kental manis secukupnya
  • Air matang secukupnya
  • 1 blender
  • 1 gelas berkuran sedang dan tidak terlalu besar
  • Pisau tajam

Cara Membuat Jus Kurma Asli:

  1. Pertama yang harus di perlukan adalah dengan menyiapkan semua bahan dan alat seperti di atas
  2. Jika sudah semua, mari ke cara membuat nya
  3.  pertama, buang biji pada kurma, potong-potong mangga, peras jeruk untuk mendaptkan airnya.
  4. Kedua, masukan semua bahan kurma, mangga, air perasa jeruk, yogurt, madu dan air ke dalam belender.
  5. Ketiga, belender semua bahan sampai halus lalu tuangkan ke dalam gelas, jus kurma mangga jeruk telah siap dinikmati.
  6. Cara membuat resep jus kurma mudah bukan hanya perlu waktu kurang dari 10 menit minuman yang bernutrisi untuk bisa anda nikmati bersama keluarga di rumah.

2.Cara Membuat Jus Kurma Asli Susu

Bahan-Bahan:

  • 5 butir kurma yang sudah di pisahkan dengan bijinya
  • Susu coklat sesuai selera masing masing
  • Gula pasir sesuai selera masing masing
  • Air matang secukupnya

Cara Membuat Jus Kurma Asli Susu:

  1. Pertama yang harus di lakukan adalah dengan menyiapkan semua bahand alat yang harus di perlukan seperti di atas
  2. Jika semua alat dan bahan nya sudah tersedia mari kita ke cara pembuatan nya
  3. Siapkan kurma yang sudah di pisahkan dengan bijinya dan di potong menjadi beberapa bagian
  4. Masukan kurma ke dalam blender dan masukan juga potongan buah pisang ke dalam blender, tambahkan gula, susu kental manis sesuai selera masing masing
  5. Blender kurang lebih 2 menit sampai bahan tercampur rata dan halus
  6. Jika sudah masukan jus ke dalam gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besar
  7. Tambahkan es batu untuk menambah kesegaran pada jus kurma
  8. Jus kurma Arab siap di sajikan

 

Nah, itu lah tadi artikel yang menjelaskan cara membuat jus kurma asli dan beberapa khasiat buah kurma. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba:)

Resep Kwetiau Goreng Seafood Enak Lezat dan Maknyus

Pada artikel kali ini, akan saya jelaskan tentang resep kwetiau goreng seafood yang enak dan juga mudah untuk di tiru. Mari simak bersama sama.

 

Sebelum heboh kwetiau, di Indonesia khususnya di Kota Medan, sudah lama orang mengenal makanan yang bernama mie tiaw ini. Mie yang terbuat dari bahan tepung beras berbentuk pipih, lembut, tipis, dan berwarna putih. Terkadang orang menyebutnya mie tiaw, dan di lain tempat sering disebut kwe tiau.

Di Indonesia, kita sering menyebutnya kwe tiau atau Mie Tiau. Tetapi di Penang  namanya ditulis di kedai-kedai sebagai Char Koay Teow atau Kuey Teow. Di Singapura pun sama, Char Koay Teow. Di Thailand, disebut  Phat Thai.

Kabarnya Char kway teow artinya potongan mi beras goreng. Dibuat dengan menggoreng kwetiau dengan kecap asin dan manis, sedikit belacan (terasi), jus asam, tauge, kucai, lap cheong (sosis hidangan khas Tionghoa) dan kerang.

 

Resep Kwetiau Goreng Seafood

Ada beberapa resep atau cara membuat kwetiau goreng seafood yang akan kita pelajari pada artikel kali ini. Ada resep kwetiau goreng seafood spesial, dan resep kwetiau goreng seafood istimewa.

 

1. Resep Kwetiau Goreng Seafood Spesial

Bahan-bahan :

  • 300 gram kwetiau basah
  • 3 siung bawang putih kemudian cincang halus
  • 2 buah cabai merah, iris secara menyerong
  • 100 gram udang, bersihkan bagian kulit dan kepala udang
  • 100 gram cumi-cumi, potong-potong
  • 3 tangkai sawi hijau, rajang kasar
  • 50 gram tauge
  • 1 sendok teh kecap manis
  • 2 sendok teh kecap asin
  • 3 sendok makan saos sambal
  • ½ sendok tehminyak wijen
  • ½ sendok teh garam
  • ¼ sendok teh merica bubuk
  • 50 ml kaldu ayam cair
  • 1 butir telur, kemudian masak orak-arik
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Kwetiau Goreng Seafood Spesial :

  1. Panaskan minyak di atas wajan kemudian anda tumis bawang putih hingga tercium aroma harum tumisan.
  2. Masukkan udang dan cumi-cumi secara perlahan dalam wajan masakan anda, lalu aduk semua bahan tersebut hingga berubah warna dan matang.
  3. Tambahkan sawi hijau bersama dengan tauge ke dalam masakan anda, dan terus aduk hingga semua bahan sayur tersebut layu.
  4. Ambil kwetiau dan orak arik telur, kemudian anda masukan perlahan dalam wajan dan aduk hingga semua bahan tercampur dengan merata.
  5. Tuang kecap manis, kecap asin, saos sambal, minyak wijen, merica dan garam sebagai perasa makanan. Aduk terus hingga rata.
  6. Tuang kaldu ayam cair perlahan, masak terus hingga kaldu menyusut dan meresap dalam masakan yang anda olah.
  7. Angkat kwetiau anda dari dalam wajan, kemudian sajikan selagi hangat kepada orang-orang tercinta.

 

2. Resep Kwetiau Goreng Seafood Istimewa

Bahan-bahan :

  • 300 gr kwetiau basah
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 2 buah cabai kering, cincang
  • 1 sendok teh terasi goreng, haluskan
  • 100 gr udang, kupas
  • 100 gr cumi-cumi, potong, kerat-kerat
  • 3 tangkai caisim, potong-potong
  • 50 gr taoge
  • 1 sendok teh kecap manis
  • 2 sendok teh kecap asin
  • 3 sendok makan sambal masak siap pakai
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh merica bubuk
  • 50 ml kaldu ayam
  • 1/2 sendok teh minyak wijen
  • 1 butir telur, kocok lepas
  • 2 sendok makan minyak untuk menumis

Cara Membuat Kwetiau Goreng Seafood Istimewa :

  1. Panaskan minyak, tumis bawang putih, cabai kering, dan terasi sampai harum. Sisihkan di pinggir wajan.
  2. Tambahkan udang, cumi-cumi, dan fishcake. Aduk-aduk sampai berubah warna. Masukkan caisim dan taoge. Tumis sampai layu.
  3. Masukkan kecap manis, kecap asin, garam, dan merica bubuk. Aduk rata.
  4. Tuang kaldu ayam, masak sampai meresap. Masukkan kwetiau, aduk rata. Lubangi tengahnya, masukkan telur. Aduk-aduk sampai matang.
  5. Tambahkan daun bawang dan minyak wijen. Aduk rata. Angkat dan sajikan.

 

Jadi seperti itulah tadi macam macam resep kwetiau goreng seafood yang lezat dan mudah untuk di tiru dirumah bersama keluarga dan orang tercinta. Jangan lupa pelajari juga artikel tentang resep kwetiau goreng lainnya jika anda ingin mengetahui lebih banyak seputar kwetiau. Sekian dan terimakasih. Selamat mencoba..

Terbaru! Cara Buat Jus Tomat Susu Enak, Lezat dan Gampang Buatnya

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara buat jus tomat susu enak dan simple buatnya. Semua orang pasti sudah tau dengan buah yang satu ini yakni buah tomat. Tapi tidak semua orang tau jika tomat ini bisa di jadikan jus yang segar dan enak.

Semua ngira tomat ini hanya bisa di jadikan makanan saja, tapi nyatanya bisa di jadikan jus yang segar dan kaya manfaat bagi kesehatan tubuh. Kita sudah tau sendiri jika tomat ini sangatlah banyak mengandung vitamin C yang sangat tinggi.

Nah, Pada artikel ini kita tidak hanya membahas tentang bagaimana cara buat jus tomat susu saja tapi membahas tentang bahannya. Dan beberapa manfaat yang di hasilakan tomat, tapi sebelum ke cara pembuatan nya mari kita ketahui dulu asal dan usul buah toma.

 

Tomat

cara buat jus tomat susu

Tanaman yang sering kita jumpai di berbegai tempat yaitu tomat adalah tumbuhan atau tanaman dari keluarga Solanaceae. Tumbuhan asli Amerika Tengah dan Selatan, dari Meksiko sampai Peru.

Tomat merupakan tumbuhan siklus hidup singkat, dapat tumbuh setinggi 1 sampai 3 meter. Tumbuhan ini memiliki buah berawarna hijau, kuning, dan merah. Tomat ini biasa dipakai sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses.

Tanaman tomat biasanya memiliki batang dan daun yang tidak dapat dikonsumsi karena masih sekeluarga dengan kentang dan Terung yang mengadung Alkaloid.

Cara menanam tanaman tomat adalah disemai lebih dahulu, setelah tumbuh 4 daun sejati kemudian ditanam (dijadikan bibit terlebih dahulu). Panen dimulai usia 9 minggu setelah tanam selanjutnya setiap 5 hari.

tomat kemungkinan berasal dari daratan tinggi pantai barat Amerika Selatan. Setelah Spanyol menguasai Amerika Selatan, mereka menyebarkan tanaman tomat ke koloni-koloni mereka di Karibia.

Spanyol juga kemudian membawa tomat ke Filipina, yang menjadi titik awal penyebaran ke daerah lainnya di seluruh benua Asia

Berikut Cara Buat Jus Tomat Susu Lezat dan Nikmat

 

1.Cara Buat Jus Tomat Susu

  • 1 biji tomat yang sudah dibersihkan dengan air besih dan di potong menjadi 4
  • Susu kental manis sesuai selera masing masing
  • Gula secukupnya
  • Air matang 300ml
  • Madu asli sesuai selera masing masing
  • 1 blender yang mempunyai kecepatan yang tinggi
  • 1 gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besar

Cara Buat Jus Tomat Susu:

  1. Pertama yang harus di lakukan adalah dengan menyiapkan semua alat dan bahan seperti yang sudah ada di atas
  2. Jika semua alat dan bahan sudah tersedia mari kita ke cara pembuatan nya
  3. Siapkan tomat yang sudah di bersihkan dan sudah di potong menjadi 4 bagian, lalu masukan ke dalam blender
  4. Tambahkan gula, susu kental manis, madu asli sesuai selera masing masing
  5. Blender kurang lebih 1-2 menit sampai semua bahan tercampur dan halus
  6. Lalu masukan jus yang sudah halus tadi ke dalam gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besar, beri hiasan potongan tomat di atas gelas
  7. Jus tomat susu siap di sajikan

 

Manfaat Tomat yang Wajib Kamu Ketahui

1. Menguatkan Tulang

Manfaat tomat untuk tulang yakni menguatkan tulang. Likopen, kandungan antioksidan dalam buah tomat, diyakini sebagai penyebab tulang bertambah kuat.

2. Untuk Diet

Tomat bermanfaat untuk diet. Hal ini karena tomat mengandung likopen yang memberikan warna merah pada tomat. Jika dikonsumsi dapat memberikan rasa kenyang.

Serta mengonsumsi tomat akan membantu menurunkan hormon ghrelin dalam tubuh yang memicu nafsu makan. Dengan mengonsumsi tomat dengan rutin untuk diet dapat menurunkan berat badan.

3. Menghaluskan Kulit

Tomat bermanfaat untuk menghaluskan kulit. Rutin mengonsumsi tomat dapat menghaluskan kulit. Selain itu, tomat dapat dibuat masker dengan dicampur putih telur.

Campurkan satu buah tomat yang sudah dihaluskan dengan satu sendok makan putih telur dan air. Oleskan masker pada seluruh wajah. Biarkan mengering lalu bilas wajah dengan air dingin.

 

Nah itu lah tadi artikel yang menjelaskan asal usul  tomat, cara buat jus tomat susu, dan beberapa manfaat tomat bagi kesehatan. Semoga bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba:)

Resep Serabi Kuah yang Mantap Segar dan Enak Pastinya

Pada Artikel kali ini kita akan membahas tentang resep serabi kuah yang mantap enak dan mudah pembuatannya. Tentu Sahabat sudah sering melihat serabi di pasaran bukan?

Dari pada Sahabat membeli serabi dengan harga yang lumayan mahal mending yuk kita buat sendiri di rumah. Sahabat tentu dengan resep yang enak dan cara pembuatannya yang gampang.

Serabi ialah sebuah makanan atau kue yang sangat di gemari masyarakat indonesia karena tekstur gurih dan rasanya yang sangat enak membuat penggemarnya ketagihan untuk memakannya.

Saya sudah merangkum beberapa resep untuk Sahabat buat di rumah tentunya dengan rasa yang enak dan cara membuatnya pun mudah. Yuk buat Sahabat.

Serabi Kuah Santan

Resep Serabi Kuah Santan

  • 150 gram tepung beras
  • 250 ml santan kental
  • 1/2 sdt fermipan
  • 50 gram gula pasir
  • 1/4 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • pasta pandan (opsional)

Bahan Kuah :

  • 350 ml santan
  • 80 gram gula merah
  • 1 lembar daun pandan

Cara Membuat Serabi Kuah Santan

  1. Rebus santan, garam, dan vanili sampai mendidih.
  2. Campur tepung beras, gula pasir, fermipan, dan vanili.
  3. Aduk rata lalu masukkan santan yang sudah direbus.
  4. Aduk lagi sampai tak ada yang menggumpal.
  5. Saring agar adonan benar-benar halus.
  6. Tambahkan pasta pandan jika suka.
  7. Siapkan wajan teflon, beri sedikit minyak goreng dan masak serabi sampai matang.
  8. Ulangi sampai semua adonan habis.
  9. Masak kuahnya, campur semua bahan dan aduk terus di atas api kecil.
  10. Setelah matang matikan api dan saring kuah.
  11. Sajikan serabi bersama kuah santan.

Serabi Kuah Santan Gula Merah

Resep Serabi Kuah Santan Gula Merah

  • 100 gr Tepung Terigu
  • 50 gr Tepung Beras
  • 1 biji Telur
  • 20 gr Gula pasir
  • satu per dua sdt garam
  • 1/2 sdm fermipan
  • 1/2 sdt baking powder
  • secukupnya Air
  • Bahan Kuah
  • 100 gr gula merah
  • 300 ml air
  • 1 bungkus santan kara

Cara Membuat Serabi Kuah Santan Gula Merah

  1. Campurkan semua bahan serabi, aduk merata sampai tidak ada adonan yg bergerindil, lalu disaring kemudian diamkan adonan selama 30menit
  2. Siapkan teplon atau cetakan serabi, panaskan lalu masukan 1 sendok sayur adonan kedalam cetakan atau teplon. masak hingga warna bawah adonan menjadi kecoklatan
  3. Untuk Kuah Campurkan semua bahan lalu masak hingga mendidih
  4. Serabi siap dihidangkan

Serabi Kuah Durian

Resep Serabi Kuah Durian

  • 200 gr tepung beras
  • 25 gr tepung terigu
  • 1/2 sdt ragi instan
  • 1 butir telur kocok lepas
  • 450 ml santan kental
  • 3/4 sdt garam
  • 50 gr gula pasir
  • 2 daun pandan (sy skip) diganti esen vanila sedikit

kuah durian :

  • 2 keping gula merah, disisir
  • 200 ml santan encer
  • 4 buah duren (atau sesuai selera)

Cara Membuat Serabi Kuah Durian

  1. Campurkan tepung terigu, tepung beras, gula pasir dan ragi, aduk rata pakai whisker
  2. Tambahkan santan dan telur bergantian sampai habis. kocok merata
  3. Campur adonan sampai rata dan halus, tambahkan garam kemudian dikeplok2 sekitar 10 menit
  4. Diamkan adonan 30 menit. adonan akan menjadi kental. siapkan snack maker atau cetakan serabi atau teflon, oles minyak tipis2
  5. Tuang 1 sendok adonan, masak api kecil sekali, tunggu sampai keluar gelembung kemudian tutup sampai adonan matang
  6. Keluarkan kue, bagian bawah akan berwarna coklat dan bagian atas kering lembab
  7. Rebus santan, tambahkan gula merah dan duren. aduk rata masak sampai larut semua bahan dan menyusut sedikit.
  8. Siap disajikan
  9. Enak dimakan hangat atau dingin. selamat mencoba

Nah demikianlah beberapa cara membuat serabi kuah semoga sahabat bisa membuatnya di rumah dengan rasa yang enak dan tidak ada kendala saat membuatnya.

Saya kira cukup artikel kali ini, Sahabat juga bisa mengunjungi artikel kami sebelumnya yaitu tentang seputar cara membuat serabi. Terimakasih sahabat sampai bertemu di artikel selanjutnya. 🙂

 

Cara Membuat Omelet Sayur yang Lezat dan Sehat

Pada artikel kali ini, akan saya jelaskan tentang cara membuat omelet sayur yang enak dan juga mudah untuk di tiru. Mari simak bersama sama.

 

Omelet pertama kali dibuat oleh Bangsa Romawi yang membuat telur dadar dengan campuran madu dan menyebutnya ovemele, yang secara harfiah diterjemahkan menjadi “telur dan madu”.
Beberapa orang mengatakan bahwa tadi adalah asal kata dari omelet alias telur dadar. Sejarah lain menyebutkan bahwa kata omelet sendiri berasal dari bahasa Perancis. Yaitu dari kata “oeuf” yang bermakna telur, dan “laite” yang artinya susu.

Cara Membuat Omelet Sayur

Ada beberapa resep atau cara membuat omelet sayur yang akan kita pelajari pada artikel kali ini. Ada cara membuat omelet sayur lezat, omelet sayur sederhana, dan cara membuat omelet mie sayur spesial.

 

1. Cara Membuat Omelet Sayur Lezat

Bahan-bahan :

  • 2 telur ayam
  • 1 buah wortel (cincang halus)
  • Kembang kol (iris halus, secukupnya)
  • 2 batang daun sawi (iris halus)
  • 1/4 bawang bombay (cincang halus)
  • 2 siung bawang putih (memarkan, cincang halus)
  • 2 siung bawang merah (cincang halus)
  • 3 buah cabai (iris kecil-kecil, buat yang suka pedas)
  • Garam (secukupnya)
  • Kaldu ayam bubuk (secukupnya, agar makin sedap)
  • Lada bubuk (secukupnya)
  • Minyak goreng (secukupnya, kira-kira 3 sdm)

Langkah Membuat Omelet Sayur Lezat :

  1. Campur telur, wortel, kembang kol, daun sawi dan cabai menjadi satu ke dalam wadah.
  2. Tambahkan garam, kaldu ayam bubuk dan lada bubuk lalu aduk-aduk sampai rata.
  3. Panaskan minyak di wajan atau rice cooker lalu tumis bawang bombay, bawang putih dan bawang merah hingga harum.
  4. Masukkan adonan dan ratakan.
  5. Masak hingga matang dan bolak-balik omelet agar ia matang sempurna.
  6. Omelet sayur pun siap untuk disajikan dan disantap.

 

2. Cara Membuat Omelet Sayur Sederhana

Bahan-bahan :

  • 25 Gram udang kupas dicincang (opsional)
  • 3 Butir Telur ayam
  • 2 Kuntum brokoli/kembang kol diiris halus
  • 1 Genggam bayam hijau/merah
  • 1 Siung bawang putih dihaluskan
  • 1/2 Batang wortel diiris halus
  • Merica secukupnya
  • Garam secukupnya
  • 1 Sendok makan tepung terigu

Langkah Membuat Omelet Sayur Sederhana :

  1. Kocok telur, kemudian bumbui dengan bawang putih, garam, dan merica.
  2. Rebus bayam sampai layu, kemudian peras airnya dan rajang halus.
  3. Masukkan wortel, brokoli, dan bayam ke dalam telur. Tambahkan tepung terigu yang sudah dilarutkan dengan 1 sendok makan air.
  4. Panaskan minyak goreng di wajan antilengket, kemudian goreng telur dengan api kecil sampai matang. Balik kedua sisinya agar matang sempurna.
  5. Demikian cara membuat omelet sayur yang enak. Sajikan bersama saus sambal atau mayones untuk camilan.

 

3. Cara Membuat Omelet Mie Sayur Spesial

Bahan-bahan :

  • 75 gr mie telur atau mie instan
  • 50 gr buncis, iris halus
  • 1 helai daun bawang, rajang halus
  • 100 gr wortel, potong kotak memanjang korek api
  • 5 butir telur
  • 20 gr tepung terigu, protein sedang
  • 25 ml air
  • 1 sdm bawang merah goreng
  • 2 sdt kecap inggris

Bumbu Halus :

  • 6 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • ½ sdt merica bubuk
  • ¾ sdt garam
  • ¼ sdt gula pasir

Langkah Membuat Bumbu Omelet :

  1. Siapkan blender atau ulekan.
  2. Bersihkan bawang merah dan putih dari kulitnya.
  3. Campurkan semua bahan menjadi satu kemudian haluskan dengan menggunakan blender atau dengan ulekan. (sesuaikan dengan selera anda).

Langkah Membuat Omelet Mie Sayur Spesial :

  1. Siapakan air dan panci kemudian didihkan.
  2. Masukan mie instan yang sebeleumnya dipersiapkan kemudian rebus hingga matang.
  3. Setelah matang, angkat mie tersebut kemudian tiriskan.
  4. Siapkan mangkok kemudian masukan telur yang telah dipecahkan ke dalamnya.
  5. Masukansemua bahan seperti buncis, daun bawang, garam, wortel, tepung terigu, serta sedikit air. aduk hingga semua bahan merata.
  6. Tambahkan bumbu halus ke dalam adonan beserta dengan mie instan yang telah direbus kemudian aduk kembali hingga merata.
  7. Panaskan wajan penggorengan, dan jangan lupa olesi dengan minyak.
  8. Tuangkan adonan omelet mie sayur ke dalam wajan, jagan lupa untuk mebolak-balikan adonan sehingga kedua sisinya bisa matang.
  9. Setelah matang angkat kemudian ptong sesuai dengan selera.

Langkah Penyajian :

  1. Siapkan piring saji.
  2. Tata omelet mie sayur di atas piring saji anda sesuai dengan selera.
  3. Anda bisa menambahkan garnish dan saus untuk melengkapinya.
  4. Omelet mie sayur anda siap disajikan kepada keluarga dan orang-orang terdekat.

 

Jadi seperti itulah tadi macam macam cara membuat omelet sayur yang lezat dan mudah untuk di tiru dirumah bersama keluarga dan orang tercinta. Jangan lupa pelajari juga artikel tentang resep omelet mie lainnya jika anda ingin mengetahui lebih banyak seputar omelet mie. Sekian dan terimakasih. Selamat mencoba..

Berikut Beberapa Cara Membuat Puding Susu Asli, Sehat dan Lezat

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat puding susu asli dan beberapa manfaat puding susu. Sudah banyak orang yang mengetahui tentang makanan ini dan khasiat yang di hasilkan dari puding tersebut.

Makanan ini tidak sulit untuk di cari, karena sudah banyak orang yang menjual dan membuat puding susu ini. Biasnya makanan ini sering kita temui di saat bulan puasa. Karena makanan ini di jadikan untuk takjil pada saat buka puasa.

Nah, pada kali ini kita tidak hanya membahas caranya saja. Namun saya akan memberi tahu bahan dan manfaat yang di hasilkan dari puding. Tapi sebelum ke cara pembuatan nya mari kita ketahui dulu asal mula dari makanan ini.

 

Puding

cara membuat puding susu asli

Makanan yang sering kebanyakan menyebutnya dengan nama puding. Adalah sebutan untuk makanan hidangan sebagai penutup yang umumnya dibuat dari bahan-bahan yang direbus, dikukus, atau dipanggang.

Istilah dari makanan puding juga dapat dipakai untuk berbagai jenis pai yang berisi campuran lemak hewan, daging, atau buah-buahan yang dipanggang, direbus, atau dikukus.

Makanan puding pada umumnya, makanan puding dibuat dengan bahan baku seperti susu atau bisa dengan yoghurt, tepung maizena, tapioka, atau telur dihidangkan setelah didinginkan lebih dulu.

Pada umum nya makanan puding seperti ini bisa memiliki rasanya manis dengan menggunakan perisa coklat, karamel, vanila, atau dengan buah-buahan.

Puding yang di buat seperti agar-agar dibuat dengan mencampur bahan bubuk agar-agar bersama susu kental manis dan, tepung maizena, atau telur kocok.

Puding agar-agar sering dihidangkan dengan saus yang disebut vla. Saat ini sudah terdapat tepung puding instan yang memudahkan orang membuat puding karena hanya perlu dicampur susu atau air lalu dipanaskan diatas kompor.

 

Inilah Cara Membuat Puding Susu Asli Leza, dan Enak

cara membuat puding susu asli

1.Cara Membuat Puding Susu Asli
Bahan-Bahan:

  • susu cair tawar 800 ml
  • coklat bubuk 20 gr
  • gula pasir sesuai selera masing masing
  • agar-agar bubuk 1 bungkus
  • dark cooking chocolate 100 gr yang sudah di potong menjadi beberapa bagian
  • telur 1 butir (gunakan kuningnya saja)
  • garam 1/8 sdt
  • Air matang secukupnya
  • Panci berukuran sedang dan tidak terlalu besar
  • Cetakan puding, sesuai keinginan

Cara Membuat Puding Susu Asli:

  1. Pertama Siapkan Alat dan bahan yang harus di perlukan seperti yang sudah ada di atas
  2. Jika semua alat dan bahan sudah ada maka kita ke cara pembuatan nya
  3. Siapkan panci yang sudah di isi air secukupnya, panaskan di atas api yang lumayan besar. Beri bubuk agar agar ke dalam panci sambil di aduk
  4. Tambahkan susu cair ke dalamnya, tambahkan juga gula pasir ke dalam panci sesuai selera masing masing. Dan beri telur juga ke dalam untuk mengembangkan bahan, beri sedikit garam juga
  5. Masak kurang lebih 6-8 menit sampai air mendidih dan jangan lupa untuk selalu mengaduk
  6. Jika sudah masukan ke dalam cetakan sesuai keinginan
  7. Tunggu sampai dingin, atau bisa langsung di masukan ke dalam lemari penginin
  8. Lalu puding susu asli siap di sajikan bersama keluarga

 

Khasiat Puding Untuk Kesehatan Kita

1.Melancarkan Pencernaan

Kandungan puding yang mencakup serat, sangat bermanfaat bagi pencernaan, yaitu membantu kita membersihkan usus serta memperlancar pencernaan.

2.Bisa Menurunkan Berat Badan

Jika kita merasa lapar namun merasa “terlalu berat” jika harus makan nasi, cobalah puding. Puding merupakan makanan yang cocok untuk menahan rasa lapar karena kandungan seratnya bersifat mengenyangkan namun tidak membuat gemuk.

3.Atioksidan

Puding yang mengandung ekstrak rumput laut dapat berfungsi sebagai antioksidan, karena klorofil pada ganggang laut dapat membersihkan tubuh dari reaksi radikal bebas yang membahayakan tubuh.

 

Itu lah tadi artikel yang menjelaskan asal usul dari makanan ini, cara membuat puding susu asli dan beberapa khasiat yang di hasilkan dari puding susu ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba:)

Berikut Cara Membuat Jus Terong Belanda Terbaru dan Dijamin Lezat

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara membuat jus terong belanda terbaru yang bikin ngiler dan beberapa manfaatnya. Semua orang pasti belum banyak tau jika terong ini bisa di jadikan jus yang enak.

Kebanyakan orang mengira terong ini hanya bisa di jadikan makanan saja, tapi nyatanya bisa di sulap menjadi jus yang lezat. Dan terong belanda ini sangat lah banyak mengandung serat yang sangat baik untuk tubuh.

Nah, pada kesempatan kali ini saya tidak hanya memberi tahu cara membuatnya saja. Namun beserta bahan dan manfaat dari terong belanda tersebut.

Dan terong ini bernama terong belanda bukan berarti berasal dari negara belanda. Maka sebelum ke cara pembuatannya mari kita ketahui dulu asal usul dari terong belanda ini.

 

Terong Belanda

cara membuat jus terong belanda terbaru

Mungkin dari sebagian banyak orang belum mengenal terong belanda.Terong belanda ini beda dengan terong buat sayur.Terong belanda biasanya di konsumsi sebagai buah.

Buah yang satu ini enak bila di olah jadi jus,rasa asam manis membuat segar bila diminum saat siang hari.

Terong Belanda adalah jenis tanaman anggota dari keluarga terung-terungan (Solanaceae) yang mulai di kembangkan di Bogor,Jawa Barat sejak tahun 1941.

Terong belanda memiliki cirri-ciri panjang tangkai daunnya mencapai 7-10cm,Buangnya berada di dalam rangkaian kecil di ketiak daunnya dekat ujung cabang yang bewarna merah jambu sampai biru muda berdiameter 1cm.

Ciri-ciri lain dari terong belanda terlihat di bagian bunga yang berbilangan lima,daun mahkota berbentuk genta,bercuping lima,benang sari 5 utas tepat berada di depan daun mahkota.

Buah terong belanda berbentuk bulat telur,berukuran 3-10cmx3-5cm,meruncing ke dua ujungnya.Kulitbuah tipis,licin berwarna kemerah-merahan.Malah menurutku mirip kaya tomat.

 

Berikut Cara Membuat Jus Terong Belanda Terbaru dan Simple Buatnya

cara membuat jus terong belanda terbaru

1.Cara Membuat Jus Terong Belanda Terbaru

Bahan-Bahan:

  • 3 terong belanda yang sudah di cuci dan di potong menjadi 4 bagian
  • Gula pasir sesuai selera masing masing
  • Susu kental manis secukupnya
  • Madu asli sesuai selera masing masing
  • Air matang secukupnya
  • 1 blender
  • 1 gelas berukuran sedang dan tidak terlalu besar
  • Pisau tajam

Cara Membuat Jus Terong Belanda Terbaru:

  1. Pertama siapakan alat bahan yang harus di perlukan seperti yang di atas
  2. Jika semua alat dan bahan sudah ada semua langsung ke cara pembuatan nya
  3. Siapkan terong belanda yang sudah di potong menjadi 4 bagian dan masukan ke dalam blender
  4. Tambahkan gula, susu kental manis, dan beri madu asli secukupnya tambahkan air matang sedikit saja
  5. Blender kurang lebih 1-2 menit an sampai semua bahan tercampur rata dan halus
  6. Jika sudah masukan ke dalam gelas berukuran sedang dan jangan terlalu besar
  7. Tambahakn es batu secukupnya untuk menambah rasa dingin pada jus nya
  8. Jus terong belanda siap di sajikan

 

Khasiat Terong Belanda Untuk Kesehatan

1.Menyegarkan Tubuh

Terong belanda memiliki rasa asam dan mungkin agak masam.

Rasa asam ini dapat membantu Anda menyegarkan tubuh, sehingga tubuh yang lemah dan mengantuk dapat langsung segar setelah mengonsumsi jus terong Belanda.

Selain itu, jika Anda menambahkannya dengan es batu dan air es, makan akan bertambah segarlah jus itu.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Nutrisi terong Belanda sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda karena kandungan vitamin C.

Vitamin C adalah jenis vitamin yang baik untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Jika sistem kekebalan tubuh kita baik, maka tubuh kita akan: selalu bugar, sulit mendapatkan penyakit, dan tidak mudah lelah.

 

Itu lah tadi artikel yang menjelaskan cara membuat jus terong belanda terbaru dan beberapa manfaat nya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan selamat mencoba:)