Resep Macaroni Schotel Oven adalah pasta yang berasal dari Italia. Bahannya sendiri dari tepung terigu, hard wheat varietas durum atau tepung semolina, milled durum, yaitu butiran dari endosperm biji gandum.
Macaroni biasanya sering diolah menggunakan saus krim dan kacang polong.

Uniknya, cuman gandum jenis durum saja yang cocok untuk membuat pasta. Jenis gandum ini dipilih karena tingginya kandungan protein gluten yang terkandung, sehingga menjadikan adonan pasta kenyal dan elastic.

Schotel berasal dari bahasa Londo yang artinya “piring”. Pada jaman VOC dulu, noni-noni Belanda sangat menyukai pasta yang disajikan di atas piring. Nah dari sinilah nama macaroni scotel tersebar dan ngetop sampai sekarang.

Katanya di Italia maupun Belanda makanan jenis ini malah tidak populer loh, terutama yang bentuk dan resepnya yang umum yang kita tahu dan digunakan di Indonesia.

Resep Macaroni Schotel Oven

resep macaroni schotel oven

Bahan-Bahan :

  • 1/4 kg Macaroni
  • 4 Butir Telur
  • 175 gram Keju Kraft
  • 3 buah Sosis
  • 225 ml Susu full cream
  • 1 siung Bawang Bombay
  • 1 buah wortel
  • 3 sendok makan Margarin
  • 2 sendok makan Terigu
  • 1/2 sendok garam / penyedap rasa

Langkah-Langkah :

  1. Rebus Macaroni sampai matang lalu tiriskan. Iris Bawang bombay, wortel, & sosis. Campurkan telur, susu & terigu.
  2. Panaskan Margarin lalu tumis irisan tadi hingga harum lalu masukkan keju parut & Macaroni aduk rata, lalu masukkan campuran telur,susu & terigu aduk hingga mengental & tambahkan garam / penyedap rasa.
  3. Terakhir tuang kedalam Alumunium foil satu persatu lalu masukkan ke dalam oven tangkring selama 25 menit pakai api kecil.

Fakta Unik Macaroni Schotel

resep macaroni schotel oven

Macaroni dan cheese (mac cheese) atau makaroni keju merupakan salah satu hidangan khas Amerika. Hidangan ini menjadi bagian dari budaya Amerika karena sering kali disajikan di negara ini.

Lebih dari itu, mac cheese menjadi makanan favorit siapapun, mulai anak-anak hingga dewasa. Tak heran jika di Amerika, produk mac cheese dari Kraft terjual 1 Juta box setiap harinya.

Bahkan mac cheese tak hanya terkenal di Amerika, melainkan di negara lain, termasuk Indonesia. Dengan keju yang melimpah dan makaroni yang lezat, siapa yang akan menolak mac cheese?

meskipun begitu, mac cheese memiliki sejumlah fakta yang belum diketahui banyak orang.

1. Mac Cheese Atau Macaroni Schotel Sudah Ada Berabad-Abad Yang Lalu

Pada abad ke-14, keju dan pasta yang disebut makerouns tercatat dalam buku memasak inggris, Forme of Cury.

2. Manta  presiden AS Sangat Menyukai Mac Cheese

Thomas Jefferson, mantan Presiden AS sangat menyukai mac cheese, dan menyebutnya “kue pie yang di sebut macaroni”.

3. Hari Macaroni And Cheese Nasional

Pada tanggal 14 Juli setiap tahun nya, menjadi National Macaroni and Cheese Day di AS.

4. Lebih Baik Menggunakan Cheddar

Umumnya mac cheese menggunakan keju cheddar, namun resep lain menggunakan keju parmesan dan jenis keju lainnya.

5. Munculnya Mac Cheese Kraft

Mac cheese cepat saji salah satunya adalah produk keluaran Kraft yaitu Kraft Macaroni and Cheese yang dirilis pada tahun 1937.

 6. Bahan Makanan Saat Perang

Kraft Macaroni and Cheese semakin populer, karena dipakai sebagai bahan makanan tentara saat Perang Dunia ke-II (World War Two).

7. Macaroni (Mac Cheese) menjadi Warna Resmi

Pada tahun 1993, Crayola, perusahaan Krayon yang berbasis di Pennsylvania,AS, Menamakan salah satu warna krayonnya dengan nama “Macaroni and Cheese”.

Sedikit Tips :

Pasta adalah makanan pokok di seluruh dunia dan mengandung beberapa nutrisi penting. Namun, pasta tinggi karbohidrat. Diet tinggi karbohidrat dapat meningkatkan kadar gula darah dan telah dikaitkan dengan beberapa efek negatif pada kesehatan.

Untuk alasan ini, penting untuk menjaga ukuran porsi di periksa dan memilih toping sehat untuk pasta Anda, seperti sayuran, lemak sehat dan protein. Pada akhirnya, moderasi adalah kunci dalam hal pasta.

Meskipun Anda dapat menikmatinya kadang-kadang, penting untuk kolaborasi nya dengan makanan bergizi lainnya dan pastikan itu hanya satu komponen dari makanan sehat secara keseluruhan.

Itu lah beberapa manfaat dari Resep Macaroni Schotel Oven yang bisa kita ketahui.  Jika teman-teman ingin mencari resep yang lain silahkan membaca artikel berikut Resep Macaroni Schotel teman-teman juga akan menemukan resep macaroni beserta manfaatnya disana, semoga bermanfaat semua yang sudah saya share disini, dan sering-sering berkunjung di website kami ya…Selamat Mencoba!