Cara menanam melon hidroponik– Dapat dilakukan dengan cara memperhatikan fase pembibitan, persemaian, penanaman, pemberian nutrisi, pemeliharaan, sampai tanaman melon siap untuk panen. Sebagaimana yang kita ketahui, tanaman melon adalah tanaman musiman yang umumnya termasuk kategori tanaman merambat.

Tanaman ini juga tergolong tanaman yang mudah untuk ditanam, dan peminatnya pun sangat banyak. Jadi, apabila anda ingin mencoba untuk membudidayakan tanaman melon secara hidroponik. Anda harus benar-benar untuk memperhatikan pembibitannya. Lahan yang digunakan dan juga cara merawatnya.

Hal tersebut sangat berpengaruh untuk hasil panen yang sangat melimpah. Terlebih lagi apabila anda adalah seorang pemula dalam bidang budidaya melon hidroponik, sebaiknya anda mempelajari terlebih dahulu teknik-teknik dasar menanam melon hidroponik.

Cara Menanam Melon Hidroponik- Teknik Persemaian Melon Hidroponik

Cara Menanam Melon

Sebelum melakukan penanaman secara langsung pada media hidroponik ini, sebaiknya anda menyemai terlebih dahulu bibit melon yang akan anda ditanam. Cara menyemai bibit melon bermacam-macam tergantung media semaian yang anda gunakan. Ada yang menggunakan media tisu basah, rockwool, sekam bakar, dan juga cocopeat. Langkah-langkahnya ialah sebagai berikut:

  • Siapkan benih melon yang akan anda semai, dan masukkan ke dalam air yang hangat. Benih yang bagus akan tenggelam ke dasar wadah air hangat itu. Dan bibit yang tidak layak ditanam akan tetap terapung di permukaan air. Biarkan benih terendam dalam air hangat selama beberapa waktu.
  • Apabila benih melon sudah mulai pecah dan berkecambah, letakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung, dan jemur selama kurang lebih 3-5 jam.
  • Selanjutnya, sebarkan benih melon yang sudah dijemur pada lahan semai yang sudah digemburkan dan tunggu hingga┬á daun tanaman tersebut tumbuh.
  • Setelah tanaman semai sudah memiliki 4 sampai 5 helai daun, pindahkan tanaman ke dalam media hidroponik yang sudah disediakan, dan beri nutrisi berupa pupuk yang sudah diencerkan.
  • Apabila ingin pertumbuhan melon lebih cepat, ada baiknya jika anda memakai media tanam hidroponik sistem NFT (Nutrient Film Technique) yang memakai sistem selokan. Penanaman hidroponik dengan sistem atau cara NFT sudah disinggung pada artikel ini.
  • Ketika tanaman telah menginjak usia remaja, pindahkan tanaman ke dalam media hidroponik yaitu sistem Dutch Bucket.
  • Penggunaan lanjaran ini berfungsi untuk menopang tanaman melon supaya terlihat rapi dan tidak bertabrakan satu sama lain.
  • Lakukan pruning atau pemotongan pada beberapa bagian tunas melon. Biasanya, tunas yang dipertahankan adalah antara tunas ke-7 dan tunas ke-9 yang umumnya muncul antara daun ke-11 hingga daun ke-14.
  • Bagi yang tidak memakai sistem greenhouse, tidak usah mengawinkan bunga jantan dan bunga betina.

Pemberian Nutrisi Bagi Melon Hidroponik

Cara Menanam Melon

Perlu anda ketahui bahwa pupuk untuk tanaman hidroponik jangan sampai sembarangan. Pemberian nutrisi berupa pupuk pada melon hidroponik bisa dilakukan sesuai fase pertumbuhan tanaman melon. Masing-masing fase mempunyai takaran yang berbeda-beda dalam hal pemupukan.

  • Saat tanaman melon sudah tumbuh daun 4 helai: nutrisi pemupukan yang diperlukan kurang lebih400 ppm.
  • Saat tanaman melon dipindahkan dalam media tanam hidroponik sampai berusia 2 minggu: nutrisi pemupukan yang diperlukan kurang lebih 800 ppm.
  • Jika sudah lebih dari 2 minggu: naikkan dosis pemupukan menjadi 1000 ppm sampai menjelang tanaman berbunga.
  • Waktu tanaman melon berbunga: nutrisi yang diperlukan kurang lebih 1200 ppm.
  • Saat tanaman melon sudah berbuah: nutrisi yang diperlukan menjadi 1500 ppm.
  • Saat tanaman melon sudah berjaring: nutrisi yang diperlukan 1800 ppm sampai siap panen.

Manfaat Melon Yaitu.

Tinggi Kandungan Kalium

Kekurangan kalium bisa menyebabkan detak jantung menjadi tidak teratur dan aliran darah tidak lancar. Nah, salah satu manfaat buah melon yaitu mengandung dosis kalium seimbang untuk tubuh, pada satu cangkir (100 gram) daging buah melon. Kalium dalam melon ini juga membantu mencegah penyakit naiknya tekanan darah. Anda dapat memodifikasi buah melon sebagai menu salad sarapan pagi anda.

Mengandung Vitamin C

Buah melon mengandung vitamin C yang berguna baik bagi kesehatan. Perharinya, anda dapat mengonsumsi satu cangkir melon, yang sama juga dengan kebutuhan harian vitamin C anda. Vitamin C berguna baik bagi tubuh, karena dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu mencegah penyakit serta infeksi yang menyerang.

Demikianlah artikel tentang cara menanam melon media hidroponik. Jika anda ingin megetahui cara pemupukan melon silahkan kunjunngi website kami yaitu cara pemupukan melon. Sekian dan terima kasih.