Hai teman-teman semua, pada artikel ini saya akan membagikan resep bagaimana cara membuat steak daging sapi empuk yang pasti enak seperti di restauran. Menu ini sudah sangat populer di Indonesia, steak dengan bahan utama daging sapi dan dengan tumpahan saus diatasnya sangat menggoda selera.

Cara Memilih Daging Sapi Yang Empuk

cara memasak steak daging sapi empuk

Sebelum mengetahui cara membuat steak, kita simak dulu yuk cara memilih daging sapi terbaik untuk membuat steak karena tidak semua daging sapi bisa dijadikan steak. Berikut ini caranya :

  • Jenis – Jenis Daging Steak Terbaik yang Berasal dari Bagian-Bagian Tubuh (Sapi)

Jenis-jenis daging yang namanya berasal dari bagian tubuh hewan. Di antaranya adalah :
– Chuck
– Rib
– Short Loin
– Plate
– Brisket
– Flank
– Bottom Sirloin
– Round
– Shank

  • Perhatikan Warna, Bau, dan Tekstur Daging Steak

Warna, bau, hingga tekstur daging sapi bisa memengaruhi kualitas steak. Namun, ternyata beberapa jenis daging juga memang memiliki warna merah yang berbeda-beda. Hal tersebut dipengaruhi oleh jenis makanan yang dimakan oleh hewan tersebut.

Nah, disinikalian bisa memilih daging dengan warna merah tua, dimana warna merah tua diperoleh dari sapi pemakan rumput. Meski begity, warna daging memungkinkan bisa berubah warna, karena terjadinya oksidasi ketika sampai ke supermaket, namun hal tersebut tidak mengubah kualitasnya.

  • Menentukan Jenis Daging Sapi

Daging sapi khusus untuk steak, biasa dijual dengan beragam bentuk, jenis, dan ukuran, dengan harga dan teknik penyajian yang berbeda. Kalian juga bisa memilih jenis daging Flat Iron atau Flank Steak, untuk membuat steak yang cukup banyak.

Atau kalian juga bisa memilih jenis Porterhose atau Bone-in Rib-Eye, yang memiliki ukuran lebih tebal. Untuk jenis New York Steak juga memiliki potongan yang lebih tebal, dan jenis daging ini bisa digunakan untuk berbagai macam masakan.

  • Perhatikan Lemak Daging (titik-titik putih pada daging)

Lemak putih yang terdapat pada daging sapi, atau yang disebut marbling. Tidak perlu khawatir terkait lemak yang ada pada daging, karena ternyata marbling merupakan sumber rasa daging steak dan juga keempukan. Dimana, sapi pemakan rumput akan menghasilkan marbling yang paling enak.

Cara Memasak Steak Daging Sapi Yang Empuk

Steak daging sapi tenderloin atau daging sapi has dalam adalah daging sapi yang lembut karena lebih banyak mengandung lemak, tetapi ketika sudah menjadi steak rasanya sudah pasti empuk, sehingga daging sapi has sangat direkomendasikan untuk bahan membuat steak. Berikut ini cara memasak steak daging sapi empuk!

Bahan Yang Digunakan :

150 gram daging tenderloin atau has dalam

Bumbu Yang Digunakan :

250 gram kentang kupas
2 siung bawang putih
50 gram mentega
200 ml krim segar
1 butir telur ( ambil kuningnya saja )
minyak zaitun secukupnya
dijon mustard sesuai keinginan
1/2 sendok makan gula
1 sendok makan cuka masak
1/2 sendok makan jus lemon
daun peterseli
merica dan garam secukupnya

Cara Membuat Steak Tenderloin :

1. Langkah pertama ambil daging lalu potong denga Mesin Pemotong Tulang Dan Daging Beku, kemudian bubuhi dengan serbuk merica dan garam hingga meresap. Selanjutnya siapkan minyak goreng diatas wajan, lalu masukkan 1 sendok makan mentega, kemudian masak daging yang telah dilumuri lada atau merica tadi. Dan tunggu sampai daging masak, kemudian angkat dari penggorengan.

2. Selanjutnya kupas kentang, bersihkan kentang dan rebus sampai matang.

3. Kemudian tumis bawang putih dan sisihkan, lalu ambil kentang rebus tadi dan lumat sambil ditambahkan tumisan bawang putih, merica, mentega, dan garam. Sambil diaduk, masukkan krim segar sampai semua tercampur rata.

4. Selanjutnya kita buat saus untuk steak, caranya yaitu panaskan mentega sampai leleh, kemudian sisihkan dulu. Lalu ambil mangkuk untuk mencampur semua bahan bearnaise sampai rata, lalu mangkuk yang berisi saus diletakkan pada air panas sambil terus diaduk. Kemudian tambahkan cairan mentega bening kedalam saus tadi.

5. Untuk penyajiannya, ambil piring saji, susun daging dengan kentang lumat. Kemudian taburkan daun peterseli dan tuang saus diatas daging. Dan tenderloin steak siap untuk disajikan bisa juga ditambahkan dengan Minuman Jus Kemasan.

Nah, begitulah cara memilih dan membuat steak daging sapi yang empuk, mudah bukan? Semoga bermanfaat dan selamat mencoba dirumah!