Dalam kesempatan ini saya akan memberikan sebuah tips cara membuat bakso ayam yang mantul rasnya.Sebelumnya saya akan sedikit menjelaskan apa itu yang disebut dengan bakso..?

Cara Membuat Bakso Ayam

Mie bakso atau bakso merupakan makanan Indonesia yang sangat khas dan hampir diseluruh daerah pasti ada bakso yang beragam rasa.Istilah bakso sendiri berasal kata “Bak-So” yang dalam bahasa hokkien memiliki arti “daging giling” Makanan ini berasal dari campuran daging dan tepung, bakso ini sangat nikmat jika disajikan dengan kuah hangat yang gurih ataupun diolah ke dalam olahan lainnya.

Seperti bakso bakar, bakso goreng, dan yang sekarang lagi viral itu bakso ayam diolah menjadi bakso mercon atau bakso yang isinya itu gilingan daging ayam dicampur dengan cabai sehingga menimbulkan rasa yang ekstra pedas.

Akan tetapi kebanyakan pedagang bakso ini adalah orang pulau Jawa, tapi bukan berarti tidak ada orang dari daerah lain juga yang menjualnya.Sebab, di luar pulau Jawa juga bakso tetap bisa anda temukan dengan berbagai rasa sesuai khas daerahnya masing-masing.

Dengan beriringnya waktu ke waktu dan mengikuti zaman, bakso ini dibuat dengan berbagai macam daging. Seperti daging sapi, daging ayam, ataupun ikan sampai ada juga yang membuat dari bahan dasar tahu akan tetapi bakso yang mudah untuk dilakukan dirumah dan tidak mengeluarkan uang banyak yaitu dengan mengguanakn bahan dasar daging ayam.

Selain dari bahan dasar yang beragam, bakso juga sering ditambah dengan bahan makanan lain. Ada bakso yang diisi dengan bakso lagi, mie sampai ada yang diisi dengan cabai rawit yang digiling dengan daging atu yang sekarng lagi viral itu disebutnya bakso mercon.

Bakso ini pastinya berkembang sesuai dengan selera masyarakat dan mengikuti zaman yang lagi hits atau bisa dibilang bakso zaman now.

Bahan yang mudah dijumpai dengan cara pembuatannya prktis dan tidak terlalu menguras isi dompet karena terjangkau semua orang ini membuat ayam sering kali menjadi icaran pertama untuk dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan bakso. Selain itu, bakso yang dibuat dari bahan dasar daging ayam ini menghasilkan bakso yang teksturnya lebih lembut dan warnanya lebih putih.

Cara Membuat Bakso Ayam

Cara Membuat Bakso Ayam

Bahan-Bahan yang Diperlukan Dalam Cara Membuat Bakso Ayam  :

  • 1 kg daging ayam yang sudah dipisahkan dari tulangnya dan sudah diging
  • Tepung kanji 50 gr
  • Telur 1 butir
  • Lada bubuk 2 sdt
  • Garam 1 sdt
  • Bawang putih 4 siung, haluskan
  • Bawang merah goreng 2 sdm
  • Es batu 40 g
  • Air 2 L

Cara Membuat bakso ayam:

  1. Campuri daging ayam yang sudah digiling ini dengan telur, tepung kanji, garam, lada bubuk, bawang merah goreng, dan bawang putih yang sudah dihaluskan.
  2. Aduk seluruh bahan sampai merata dengan menggunakan tangan atau alat untuk membantu proses pengadukan supaya lebih cepat.
  3. Kalau adonan sudah dirasa maka bisa langsung dibentuk dalam keadaan masih lembek, dan bisa ditambah sedikit es batu secukupnya biar pembentukannya bisa lebih mudah.
  4. Rebus air dalam panci sampai mendidih
  5. Ambil adonan bakso dengan tangan, kemudian bentuk bulat dengan kedua tagan atu dengan satu tangan dan ditekan hingga adonan keluar mellaui jempol dan jari telunjuk.
  6. Masukkan adonan tersebut ke dalam air panas.
  7. Lakukan membentuk bakso sampai seluruh adonan habis.
  8. Jika bakso sudah mengambang maka pentol sudah matang, angkat dan tiriskan.

Salah satu kunci agar bakso terasa seadap adalah racikan kuah bakso. Diluaran sana banyak pedagang yang sudah meroket sukses membuat bakso yang enak, akan tetapi kuahnya yang kurang sedap.

Hal ini pastinya menurunkan cita rasa bakso. Dalam proses membuat kuah bakso membutuhkan kaldu yang banyak agar rasa kuah yang didapat sangat gurih.

Bahan-Bahan yang Diperlukan Untuk Pembuatan Kuah Bakso:

  • 2 liter air
  • 6 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • 2 batang daun bawang
  • Garam secukupnya
  • Seledri secukupnya
  • Kaldu ayam/ikan/sapi secukupnya

Cara Membuat kuah bakso:

  1. Didihkan air
  2. Bawang yang suad diiris kemudian goreng hinggga berubah warna menjadi agak kecoklatan, tambahkan lada bubuk dan haluskan bersama
  3. Tambahkan bawang yang sudah ditumis dengan lada bubuknya dalam keadaan air mendidih
  4. Masukkan irisan daun bawang dan seledri
  5. Beri garam sesuai selera dan koreksi rasa

Manfaat Bakso Bagi Kesehatan Diri Anda!

  • Pertumbuhan tubuh. Bakso mengandung protein hewani yang mempunyai struktur hampir sama dengan tubuh manusia, dalam protein hewani daya cernanya lebih baik dibandingkan dengan protein nabati.  Pada tubuh makluk hidup seperti manusia, protein ini sebagai penyusun bagian-bagian besar untuk membantu pertumbuhan badan seperti kulit, jantung, paru-paru, dan otot.
  • Kecerdasan otak. Orang yang sering mengkonsumsi bakso pasti akan mempunyai kecerdasan yang baik dan maksimal, dibanding dengan orang yang jarang makan bakso. Sebab,  daging pada bakso mengandung berbagai macam vitamin yang baik dan membantu perkembangan bagi kerja cerdas otak.
  • Penambah tenaga. Bakso yang dikiranya mengandung banyak lemak akan tetapii mempunyai banyak manfaat yaitu, sebagai penyimpan energi dan tenaga. Kandungan lemak yang terkandung dalam daging bakso mempunyai fungsi sebagai sumber energi yang padat bagi tubuh manusia, oleh karena itu lemak juga berfungsi bagi tubuh manusia untuk membuat perasaan kenyang yang lebih lama.
  • Bermanfaat untuk diet, bakso memang mengandung lemak yang tinggi, namun bukan berarti kamu tidak bisa diet dengan makanan yang satu ini. Asalkan mengkonsumsinya itu dalam batas yang wajar alias tidak berlebihan. Didalamnya ini terdapat kandungan lemak yang tinggi pada bakso, akan tetapi juga diimbangi dengan kandungan protein yang tinggi.Kandungan protein pada daging sapi/daging ayam pada bakso ternyata dapat membantu pembakaran kalori dengan lebih efektif. Selain itu, sesuai dengan apa yang sudah saya jelaskan panganan bakso juga membuat kamu kenyang lebih lama sehingga tidak membuat kamu makan secara terus menerus.
  • Mendukung Proses Metabolisme, metabolism tubuh bisa berlangsung dnegan baik jika mendapatkan nutrisi dan asupan vitamin serta mineral yang cukup. Dalam daging bakso ini mengandung vitamin B kompleks seperti vitamin B1 dan B12 yang dapat memabantu proses metabolisme energi,agar dapat berlangsung dengan normal. Tubuh yang didalamnya terjadi proses metabolisme yang baik tentu akan membuat seseorang menjadi lebih bertenaga dan berstamina tinggi dalam menjalankan aktifitasnya.

Manfaat dan Khasiat yang Terkandung Dalam Daging Ayam

Cara Membuat Bakso Ayam

  1. Memperkuat  Tubuh Dari Penyakit Anemia
    Ayam ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga dapat menjaga tubuh supaya tidak mengalami anemia. Untuk wanita yang sedang haid sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi daging ayam karena mampu membantu mencegah anemia atau kurang darah dengan cara membantu untuk mempercepat pembentukan sel darah merah.
  2. Menurunkan Kolesterol
    Selama ini bahwa daging itu hanya diketahui mengandung banyak kolesterol yang kurang baik bagi kesehatan. Ada betulnya juga hal ini jika daging tersebut dikonsumsi bersama dengan kulit dan lemaknya. Untuk menjaga kestabilan kolesterolnya, alangkah baiknya konsumsi daging ayam yang tanpa lemak. Selain dari itu daging ayam juga sebaiknya diolah dengan cara direbus, bukan dengan digoreng. Karena kandungan niacin pada daging ayam telah terbukti mampu menurunkan kolestrol yang tinggi.
  3. Menaikan Sistem Imun Tubuh
    Dalam aging ayam ini terkandung bermacam mineral yang dapat membuat tubuh menjadi lebih kebal dalam menghadapi beragam penyakit. Inilah alasannya mengapa kita dianjurkan mengkonsumsi sup ayam saat sedang flu atau sakit yang berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh untuk meredakan sakit yang dialami.

Demikian beberapa manfaat daging ayam bagi kesehatan tubuh. Dengan pembuatan yang baik dan benar dapat menghindari lemak pada daging tersebut, kita tentu akan mendapatkan manfaat yang optimal dari sumber protein hewani yang satu ini

Dengan beberapa informasi diatas mulai dari cara membuat bakso ayam, manfaat bakso, dan juga khasiat daging ayamnya. Tentu kita jadi mengatahui bahwa bakso sangat begizi pada tubuh kita. Dari manfaat rasa yang lezat dari bakso juga bisa kita manfaatkan sebagai peluang usaha yang besar.

Untuk mengwali usaha bakso jangan lupa untuk selalu menyajikan bakso yang higienis dan terjaga dengan baik kesehatannya, apabila baksonya mau disimpan dalam lemari es dan kualitasnya tetap bagus bisa dikemas dengan menggunakan mesin vacum sealer agar berkualitas dan kemasannya higenis. Karena kesehatan makanan adalah salah satu faktor kepuasan dari konsumen. sekian dan terima kasih