Pada artikel kali ini saya akan memberitahukan cara membuat sushi ala Indonesia yang gak kalah enak dengan jenis yang lainnya. Semua orang pasti sudah tahu makanan khas dari negara jepang ini dan sekarang juga sudah terkenal di Indonesia.

Tapi apakah teman teman pernah mencoba sushi khas dari negara kita ini ? Seperti sushi rendang dan lain sebagainya. Mungkin sebagian orang belum pernah membuat bahkan mencoba sushi ini.

Karena kebanyakan sushi khas dari jepang berbahan dasarkan bahan bahan yang mentah seperti ikan mentah dan lain sebagainya. Nah jika teman teman tidak menyukai olahan yang mentah mentah, bisa mencoba membuat sushi yang akan kita bahas kali ini.

Sushi yang kita bahas kali ini memang tidak memakai bahan bahan yang masih mentah. Jadi sushi ini sangat cocok untuk teman teman yang tidak menyukai bahan bahan yang belum matang. Sebenarnya bahan yang belum matang itu baik untuk kesehatan loh, seperti ikan mentah yang masih segar.

Di artikel sebelumnya saya juga pernah membuat artikel tentang cara membuat sushi, diartikel tersebut terdapat beberapa resep sushi khas dari jepang. Jika teman teman ingin membuat sushi yang menggunakan bahan yang masih mentah bisa mengunjungi artikel tersebut.

cara membuat sushi ala indonesia

Cara Membuat Sushi Ala Indonesia :

Siapkan bahan-bahannya dan langsung mempraktekannya sendiri dirumah. Jika kalian sulit menumukan bahannya, bisa cari di online shop.

Bahan Bahan Sushi Rendang :
  • 540 gram beras Koshihikari (beras Jepang). Jika tidak ada bisa menggunakn beras biasa jsebanyak 400 gram beras biasa + 140 gram beras ketan putih
  • Rendang yang sudah disuir suir
  • 2 lembar nori atau rumput laut (jumlah bebas)
  • 935 ml air
  • 125 ml cuka beras
  • ½ sdt garam
  • 1 sdm gula pasir
  • Mentimun (potong sesuai selera saja)
  • Daun selada (potong sesuai selara kita)
  • Saus rendang dan rendang suir pengganti wasabi.
Langkah Langkah Sushi Rendang :
  1. Langkah yang pertama masukan beras ke dalam wadah, kemudian bersihkan dengan air mengalir hingga kotoran yang menempel diberas hilang. Kemudian setelah bersih, masukan ke dalam panci pengukusan dan kukus sampai matang
  2. Di wadah yang berbeda campurkan cuka, gula dan garam teman teman bisa menggunakan mangkuk. Kemudian dimangkuk yang berbeda, masukan nasi dan masukan campuran cuka yang tadi lalu aduk perlahan sampai merata. Diamkan selama 15 menit hingga nasi menjadi dingin
  3. Siapkan nori sebagai alasnya, lalu taruh nasi secukupnya diatas rumput lautnya. Kemudian masukan rendang suwir, ketimun dan selada. Usahakan isianya berada ditengah tengah nasi, tahan isian agar tetap berada di tengah saat menggulung norinya
  4. Kemudian jika semua adonan sudah digulung, siapkan pisau tajam dan potong sushi yang tadi dibuat sesuai selera teman teman saja. Saya menyarankan agar memotongnya jangan kepanjangan agar mudah memakannya
  5. Terakhir pindahkan sushi yang sudah di buat tadi di piring saji, jangan lupa sertakan saus rendang yang sudah di siapkan sesuai selera.

Gimana mudah kan ? Berikut ini saya akan memberikan sedikit tips memembuat sushi agar hasilnya memuaskan dan enak. Pertama gunakan beras jepang, jika sulit menemukan bahan ini, kamu dapat menggabungkan antara beras dan ketan. Tapi jangan campur ketan terlalu banyak, hanya diperlukan agar nasi bisa saling menempel.

Kemudian yang selanjutnya usahakan memproses sushi di saat nasi masih panas, supaya mudah menempel. Kalau perlu, santap pula dalam kondisi panas karena lebih nikmat. Mungkin hanya itu artikel yang bisa saya sampaikan, mohon maaf bila ada kesalahan kata-kata sekian dan terimakasih.