Halo teman-teman selamat datang di artikel ini dan semoga teman-teman menemukan apa yang sedang dicari ya, karena pada kesempatan kali ini saya akan membagikan “Resep Spaghetti Carbonara”.

Resep Spaghetti Carbonara

resep spaghetti carbonara

Bahan-Bahan :

  • 1 bungkus pasta spaghetti/fettucini atau secukupnya
  • 1/2 sdt maizena/trigu
  • 200 ml susu cair,sisakan sedikit untuk campuran telur
  • 1/2 batang keju cheddar/quick melt parut
  • 3 lembar smoked beef/sosis
  • 1 sdm butter/mentega
  • 2 siung bawang putih haluskan
  • 1/2 buah bawang bombay potong2
  • secukupnya oregano
  • 1/2 sdt lada hitam/lada biasa
  • 1 sdm minyak goreng
  • 1/2 sdt garam
  • 1 butir telur

Langkah-Langkah :

  1. Didihkan air dlm panci,beri sedikit garam dan 1 sdm minyak goreng,rebus spaghetti hingga empuk,krg lebih 15 menit.
  2. Panaskan butter,tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum,masukan smoked beef aduk rata,tuang susu cair dan keju aduk rata,lalu beri garam,lada,peterseli,oregano aduk rata test rasanya yah jika sdh pas masukan spaghetti aduk rata lalu tuang larutan maizena aduk rata,sy ga pake peterseli krn ga punya.
  3. Terakhir kocok telur dan campur dgn sedikit susu cair ambil dr bahan pisahin sedikit untuk kocokan telur,sedikit aja yah…masukan kocokan telur aduk2 lalu angkat dan sajikan telur jgn terlalu matang yah nanti krg creamy.

Manfaat Spaghetti Carbonara

resep spaghetti carbonara

1. Sumber Energi Dari Spaghetti

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Pasta sendiri mempunyai kandungan karbohidrat yang sangat tinggi, sehingga bisa menjadi sumber energi yang sangat baik untuk tubuh.

Pasta tentunya bisa jadi sumber karbohidrat pengganti nasi, dan tentu kandungan karbohidrat yang ada di dalam pasta bisa berbeda-beda tergantung jenis pasta yang teman-teman konsumsi. Contohnya saja pada 100 gram spaghetti bisa mengandung sekitar 31 gram karbohidrat di dalamnya.

2. Melancarkan Pencernaan

Gandum memang dikenal sebagai sumber serat yang baik. Gandum yang terkandung di dalam pasta, memunyai jumlah serat yang sangat kaya akan manfaat sebagai pembantu melancarkan fungsi pencernaan. Supaya bisa mendapatkan manfaat ini secara maksimal, sebaiknya teman-teman mengkonsumsi pasta yang dibuat dari gandum utuh ( whole grain pasta ).

3. Menjaga Kesehatan Mata

Zat lutein serta zeaxanthin yang terkandung didalam pasta berguna untuk membantu menjaga kesehatan pada mata. Lutein bisa membantu mencegah berbagai macam gangguan pada mata seperti katarak, retinitis pigmentosa, juga age-related macular degeneration (AMD).

Zat zeaxanthin juga bisa membantu melindungi mata teman-teman dari pancaran sinar biru (blue light) yang biasa terpapar dari gawai atau screen pada gadget anda. Semua manfaat positif tersebut bisa teman-teman dapatkan dari whole grain pasta (gandum utuh).

4. Mendukung Pembentukan Sel-Sel Tubuh

Ternyata pasta juga mengandung asam folat yang sangat bagus sebagai pembentukan dan pertumbuhan pada sel-sel didalam tubuh. Tentunya zat ini juga sangat berpengaruh di dalam memproduksi DNA serta akan membawa informasi genetik di dalam tubuh seseorang.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh tentunya memiliki peran yang sangat penting didalam membentengi tubuh dari berbagai gangguan juga penyakit, sehingga haruslah selalu dijaga dengan sebaik mungkin. Salah satu upaya yang bisa teman-teman lakukan ialah dengan cara menjaga nutrisi yang teman-teman konsumsi setiap harinya.

Selenium yang terkandung didalam pasta juga sangat bermanfaat bagi peningkatan system imune (kekebalan tubuh), sehingga sangat bisa meminimalisir kemungkinan-kemungkinan terjadinya penyakit di dalam tubuh.

6. Menurunkan Berat Badan

Karbohidrat yang ada di dalam pasta tidak akan menyebabkan meningginya kadar gula darah didalam tubuh disaat memakannya. Dengan begini, proses pencernaan pasta bisa membutuhkan waktu yang lebih lama daripada karbohidrat lainnya, seperti nasi contohnya.

Proses pencernaan yang lama inilah yang bisa membuat seseorang merasakan kenyang lebih lama, dan secara otomatis bisa menurunkan kemungkinan seseorang untuk makan dalam porsi yang berlebihan. Karena inilah yang bisa membuat pasta berkontribusi sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan teman-teman.

Walaupun demikian, bukan berarti teman-teman boleh mengkonsumsi pasta secara berlebihan. Supaya lebih sehat, pilihlah bahan pendamping pasta yang sehat juga contohnya seperti, daging rendah lemak atau pun ikan sebagai sumber protein didalam tubuh teman-teman.

Karena normalnya, menu makanan sehari-hari teman-teman haruslah mengandung gizi yang seimbang, yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan juga mineral.

Jadi itulah akhir sharing kita hari ini, di pembahasan seputar pasta sekaligus fakta uniknya juga didalam artikel yang berjudul “Resep Spaghetti Carbonara” ini, jika teman ingin mencari resep spaghetti yang lainnya silahkan kunjungi saja artikel berikut ini “Cara Membuat Spaghetti” , sekian dan terimakasih.