Halo readers, kita berjumpa lagi nih. Karena sebelumnya kita telah membahas resep membuat macaron. Maka kali ini saya akan menjelaskan tentang resep sagu keju bagea yang renyah, enak dan mudah dibuat. Nah pada penasaran kan, yuk langsung saja simak penjelasan berikut mengenai resep sagu keju bagea yang menggugah selera ini.

Kalian pasti tidak asing lagi kan dengan kue yang satu ini. Kue ini asalnya dari Maluku utara lebih tepatnya di Ternate. Camilan bagea sangat khas terbuat dari tepung sagu asli. Sehingga warnanya pun jadi coklat pucat. Tekstur kue ini keras, renyah, dan manis yang unik. Rasanya yang gurih dan enak dapat di jadikan sebagai menu camilan. Untuk membuatnya sendiri tidak sulit, lho. Bahan-bahannya cukup sederhana dan tidak memerlukan proses yang panjang. Nah pada kesempatan ini kita akan membahas resep sagu keju yang paling mudah dibuat, renyah dan juga tentunya memiliki rasa yang tidak kalah enak dari kue kering lainnya seperti nastar dan kastengel.

Sejarah Sagu Keju Bagea

Selama ini bagea identik dengan Maluku dan merupakan oleh-oleh wajib yang dibawa dari daerah ini namun, Pulau Sulawesi juga punya camilan tersebut meskipun memang tidak jauh berbeda dengan bagea khas Maluku. Ada juga bagea palopo, sesuai dengan namanya merupakan kudapan khas Palopo, tepatnya suku Bugis.

Camilan ini bila digigit sedikit bertekstur keras. Namun, sangat renyah dan lembut ketika berada di dalam mulut. Cara terbaik menikmati makanan ini adalah dicelupkan terlebih dahulu ke dalam kopi, baru kemudian digigit. Sekarang bagea sudah banyak dimodifikasi dengan rasa baru seperti keju atau coklat.

Asal-Usul Sagu Bagea

Indonesia bagian timur memiliki banyak kuliner tradisional yang patut dicoba saat berkunjung ke sana. Kalau kalian tengah melancong atau ada saudara dari wilayah Indonesia timur, satu panganan ini wajib kalian ketahui. Makan jenis ini bernama bagea atau ada juga yang menyebut kue sabu bagea. Kue kering ini cocok untuk buah tangan.

Seperti namanya, kue sagu bagea berbahan dasar sagu. Bentuknya biasa dibuat kecil-kecil dengan warna cokelat. Teskturnya agak keras tapi bisa lumer saat dimakan. Selain sagu, bahal lainnya gula, biji kenari, terigu, kayu manis, cengkih, kacang tanah, tepung terigu.

Bagea adalah makanan yang berasal dari Papua. Makanan ini kerap dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Provinsi Maluku Utara dan biasanya disajikan sebagai kudapan istimewa saat Hari Natal. Berbahan dasar tepung sagu makanan ini memiliki berbagai rasa, seperti kenari, vanili, dan kacang. Cita rasanya gurih dan tidak terlalu manis, membuat bagea terasa renyah di mulut. Rasanya yang khas membuat kue ini menjadi favorit bagi wisatawan.

Manfaat Sagu Untuk Kesehatan :

  • Baik untuk gula darah

Dapat menghambat peningkatan kadar gula dalam darah dikarenakan serat dan mineral fosfor yang terdapat pada sagu. Mampu menekan dan mengikat gula di dalam tubuh agar tidak langsung menyebar ke jaringan tubuh. Mampu menghambat penumpukan gula dalam darah agar tidak membentuk penggumpalan yang dapat menyebabkan kadar gula darah naik.

  • Sebagai prebiotik

Serat yang ada pada sagu mampu bertindak sebagai prebiotik yaitu dapat melindungi kondisi mikro flora usus. Kemudian usus akan terhindar dari bakteri merugikan dan menstabilkan enzim pencernaan agar selalu sehat. Serat yang ada pada sagu dapat meningkatkan imunitas tubuh dan dapat mempercepat penyembuhan terhadap luka, peradangan pada pencernaan dan infeksi kulit.

  • Sumber kalsium

Kalsium yang ada pada sagu bermanfaat untuk mempertahankan kekuatan dan kepadatan kalsium pada tulang, persendian dan gigi pada orang dewasa maupun lansia. Selain itu ada zat mineral fosfor sekitar 13 mg yang ada pada sagu yang berguna untuk mencegah terjadinya osteoporosis atau kerapuhan tulang. Sedangkan pada anak-anak yang dalam masa pertumbuhan, sagu dapat mempercepat pembentukan, pertumbuhan dan memadatkan kalsium dalam tulang sehingga anak anak cepat tumbuh menjadi tinggi dan sehat.

  • Menurunkan berat badan

Sagu juga memiliki manfaat karbohidrat yang lebih tinggi dari nasi putih, gandum dan jagung. Walaupun karbohidratnya tinggi tapi kadar gula yang dimiliki sagu sangat sedikit dibandingkan nasi putih. Pada orang yang mengalami obesitas dapat memanfaatkan sagu sebagai makanan pokok sehari hari karena zat mineral fosfor dan serat yang aada didalamnya dapat menekan ras lapar seseorang lebih lama.

sagu-keju-bagea

1. Resep Sagu Keju Bagea

Bahan Membuat Sagu Keju Bagea :

  • Tepung sagu sebanyak 390 gram
  • Kacang tanah sebanyak 95 gram
  • Kacang kenari sebanyak 95 gram
  • Gula halus sebanyak 200 gram
  • Minyak sayur sebanyak 90 ml
  • Telur ayam sebanyak 2 butir
  • Soda kue sebanyak 1/4 sendok teh
  • Kayu manis bubuk sebanyak 1/2 sendok teh

Cara Membuat Sagu Keju Bagea Renyah Gurih :

  1. Langkah pertama bersihkan kacang tanah dengan mengupas kulitnya, kemudian sangrai dan haluskan, kemudian sisihkan dahulu.
  2. Dalam wadah yang lain haluskan kacang kenari, sisihkan dahulu.
  3. Ambil wadah lalu masukan telur ayam dan gula pasir, kocok dengan menggunakan mixer roti sampai mengental.
  4. Tambahkan sedikit – sedikit tepung terigu, soda kue, minyak sayur dan kayu manis bubuk aduk hingga rata.
  5. Selanjutnya masukan kacang tanah dan kacang kenari yang telah dihaluskan aduk kembali sampai tercampur rata dan kalis.
  6. Kemudian bentuk adonan dengan menggunakan 1 sendok makan sambil agak ditekan agar bentuknya menjadi pipih dan tata rapi diatas loyang yang telah di beri alas kertas roti dan diolesi dengan margarin.
  7. Terus bentuk seperti itu hingga adonan habis.
  8. Panaskan dahulu oven dengan suhu sekitar 160 derajat dan masukan loyang kedalam oven, panggang sampai matang selama kurang lebih 30 menit.
  9. Setelah itu keluarkan loyang dari oven dan tunggu hingga dingin dalam suhu ruangan.
  10. Kue kering bagea renyah dan gurih siap untuk dinikmati.

Kandungan Gizi Pada Sagu :

  • Karbohidrat 94 gr Memiliki sekitar 355 kalori/100 gr
  • Protein 0,2 gr
  • Serat 0,5 gr
  • Kalsium 10 mg
  • Zat Besi 1,2 mg

Kandungan lemak, karoten dan asam kasbornatnya ada tetapi dalam jumlah kecil tetapi  jangan khawatir karena ini tidak mempengaruhi sagu jika dikonsumsi sebagai makanan  pengganti nasi putih. Dan kemudian dimakan bersama beberapa jenis ikan yang berprotein tinggi.

Nah gimana guys ? cukup mudah bukan resep sagu keju bagea ini. So tunggu apalagi, jangan hanya di baca saja guys, buruan di terapin resep sagu keju sederhana ini di rumah sendiri. Kalian juga bisa membaca artikel resep kue bantal untuk mendapat referensi camilan lainnya guys. Selamat mencoba readers! Sampai bertemu di resep selanjutnya dan semoga resep ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Byebye!