Apakah kalian tau sampah daun dapat didaur ulang menjadi pupuk kompos lho? Menarik bukan? Kita dapat memanfaatkan sampah daun untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Banyak jenis daun yang kaya akan mineral dan zat organik sehat lainnya. Oleh karena itu, Anda dapat menggunakan daun di halaman atau taman umum Anda untuk membuat kompos murah setiap musim gugur.

Untuk mempercepat proses penguraian, cobalah menggilingnya di mesin pencacah sampah. Kompos akan memperkaya nutrisi di tanah dan hamparan bunga dan memungkinkan Anda untuk menggunakan kembali sisa makanan dan bahan organik lainnya yang biasanya dibuang ke tempat sampah.

Bahan dan Alat yang digunakan :

  • Garpu taman
  • Dedaunan
  • Kantung sampah (opsional)
  • Mesin Penghancur Sampah
  • Gunting rumput
  • Kotoran ternak (opsional)
  • Pagar kawat
  • Papan kayu (opsional)
  • Garpu jerami
  • Sekop (opsional)

Baca Juga : Pupuk Kompos Dari Kotoran Kambing

Sampah Daun Dapat Didaur Ulang Menjadi Pupuk Kompos

1. Kumpulkan dedaunan sebanyak banyaknya

Sampah Daun Dapat Didaur Ulang Menjadi

Anda akan membutuhkan banyak daun untuk menjadikannya pupuk kompos. Karena saat terurai, daun cenderung membusuk dan menyusut, sehingga tumpukan daun yang besar akan menyusut menjadi setengahnya dalam waktu 6 bulan.

2. Koyak dedaunan menggunakan mesin pencacah kompos

Gambar Mesin Pencacah Kompos
Sampah dauh mungkin membutuhkan waktu beberapa bulan untuk dapat terurai, hal tersebut tidak ideal untuk pengomposan. Untuk mempercepat prosesnya, Anda dapat menggunakan mesin penghancur kompos untuk memotong daun menjadi potongan-potongan kecil. Ingatlah bahwa semakin tipis daun yang dipotong maka akan semakin cepat pula proses terurainya.

3. Campurkan potongan rumput ke tumpukan daun

Sampah Daun Dapat Didaur Ulang Menjadi
Jika tumpukan daun dibiarkan terurai sendiri, prosesnya bisa memakan waktu beberapa tahun. Maka dari itu perlu menambahkan rumput kaya nitrogen ke kompos akan mempercepat proses ini.
Cara termudah adalah dengan meletakkan potongan rumput dari mesin pencacah kompos pada tumpukan daun yang akan dibuat kompos. Campurkan di rumput dengan perbandingan 1: 5, yaitu perbandingan setiap 5/6 daun adalah 1/6 rumput.

4. Campurkan kotoran ternak sebagai sumber nitrogen jika Anda tidak memiliki potongan rumput

Sampah Daun Dapat Didaur Ulang Menjadi
Meskipun cacahan rumput adalah sumber nitrogen yang paling mudah, namun bagi sebagian orang sulit mendapatkannya. Dalam hal ini, pilihan terbaik berikutnya adalah menggunakan kotoran hewan ternak.
Seperti memotong rumput, kotoran hewan ternak ditambahkan dengan perbandingan 1: 5.Oleh karena itu, jika Anda memiliki 5 gerobak daun, mohon tambahkan 1 gerobak pupuk.

5. Buang sampah dapur ke tumpukan kompos untuk meningkatkan kekayaan nutrisinya

Gambar berjudul Compost Leaves Step 8
Setelah potongan rumput dan daun terurai, Anda dapat memulai menambahkan lebih banyak bahan organik ke tumpukan. Misalnya, tambahkan sampah kupasan kulit sayur dan ampas kopi ke tumpukan daun paling tidak seminggu sekali.
Pastikan menggunakan garpu rumput untuk mencampurkan bahan organik baru dengan kompos agar tidak hanya di atas kompos saja. Usahakan untuk tidak menambahkan produk susu, roti padat, atau daging ke dalam kompos.

6. Menentukan Lokasi Kandang Pupuk Kompos

Gambar berjudul Compost Leaves Step 9

Siapkan “kandang” yang dikelilingi kawat dengan panjang 1 meter. Kandang kawat ii  sangat cocok untuk membuat kompos karena kompos akan tertahan di dalam ruangan.

Jaring kawat akan memungkinkan udara mengalir melalui bilah pengomposan dan menahannya dengan erat, sehingga menjaganya tetap lembab sehingga akan cepat terurai.

Isi kandang dengan daun dan potongan rumput. Jika Anda tidak dapat menemukan kandang kawat, coba gunakan papan kayu, seperti yang digunakan untuk mengangkut barang berukuran besar. Perbaiki papan dengan paku sehingga menjadi kubus berukuran 1 x 1 meter. Kedua bahan ini akan memungkinkan oksigen masuk ke dalam kompos.

7. Letakkan kandang yang akan diisi tumpukan kompos di atas tanah yang menyerap air

Gambar berjudul Compost Leaves Step 10
Jika bagian dalam tumpukan terlalu basah, daun yang dikomposkan akan berjamur dan menyebabkan pembuatan kompos gagal. Oleh karena itu, timbunlah kompos pada tanah yang dapat menyerap air dengan baik agar kelebihan air dapat masuk ke dalam tanah.
Sebelum menentukan lokasi timbunan, pastikan area tersebut tidak rawan genangan air. Jangan menumpuk kompos di atas beton, semen atau aspal.

8. Atur posisi tumpukan kompos di tempat teduh

Sampah Daun Dapat Didaur Ulang Menjadi
Jika kompos terkena sinar matahari lebih dari 3-4 jam sehari, maka kelembapan dan bahan organik di dalam daun akan menguap. Oleh karena itu, letakkan tumpukan kompos di tempat yang menyerap sinar matahari agar tetap lembab.
Misalnya, Anda bisa meletakkan tumpukan kompos di belakang pohon besar.
  • Tumpukan daun pada awalnya masih sangat ringan dan mudah tertiup jika di halaman. Jika Anda berada di daerah yang berangin kencang, letakkan kompos di tempat yang tidak mudah tertiup angin.
  • Jika Anda tidak bisa membuat wadah, bungkus kompos dengan terpal plastik.

9. Membalikkan dan Menggunakan Kompos

Sampah Daun Dapat Didaur Ulang Menjadi

Siramlah tumpukan kompos dengan selang seminggu sekali untuk menjaganya supaya tetap lembab. Dalam cuaca kering, sirami kompos dengan selang taman agar tetap lembap, sirami tumpukan kompos dengan selang seminggu sekali.  Usahakan untuk tidak menggenangi air.

Kompos harus cukup lembab sehingga ketika diambil dan diremas-remas, hanya beberapa tetes air yang akan jatuh. Jika Anda tinggal di daerah hujan, Anda tidak perlu menyiram kompos setiap 3-4 minggu. Periksa setiap beberapa hari untuk memastikan tidak mengering.

10. Aduk kompos setiap 2 minggu dengan sekop atau garpu jerami.

Sampah Daun Dapat Didaur Ulang Menjadi

Masukkan ujung sekop ke dasar kompos dan putar searah jarum jam untuk mengaduknya. Lanjutkan mengaduk tumpukan sampai benar-benar terbalik. Lapisan atas harus terkubur, dan bagian atas kompos daun akan tampak segar dan lembab.

Pencampuran dan pengomposan dapat membuat daun terurai secara merata dan mempertahankan kandungan oksigennya bahkan di dalam kompos. Panas yang menumpuk di tumpukan dan daun basah sering disebut “memasak”.

11. Campurkan kompos yang telah jadi dengan tanah kebun seusai 4-9 bulan

Sampah Daun Dapat Didaur Ulang Menjadi
Jika kompos sudah jadi dan siap digunakan, daunnya akan mengeluarkan bau tanah yang menyengat dan menjadi rapuh dan tebal. Untuk menggunakan kompos, letakkan 7,5-10 cm di atas tanah atau tanah di taman atau pot bunga.
Gunakan jari Anda untuk mencampur kompos dengan tanah kebun. Meskipun kompos dapat membantu meningkatkan kandungan bahan organik tanah, namun kandungan hara yang dimilikinya tidak sebanding dengan pupuk komersial.
Ternyata sampah daun dapat didaur ulang menjadi pupuk kompos yang bermanfaat untuk kesuburan tanaman kita. Menarik bukan? Demikian informasi daur ulang sampah pupuk kompos, Jangan lupa praktekkan dirumah ya. GOOD LUCK 🙂