Bila kemarin saya membahas mengenai resep kopi susu untuk sekarang saya akan membahaas mengenai Tips Sebelum Menghangatkan Makanan

Selain menghemat uang, menghangatkan makanan sisa adalah cara jitu untuk menghemat waktu saat perut terasa keroncongan. Namun, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat menghangatkan makanan sisa demi melindungi diri dari keracunan makanan.

Mulai dari penggunaan wadah hingga cara penyimpanan, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat menghangatkan makanan sisa. Berikut empat Tips Sebelum Menghangatkan Makanan sisa.

Berbagai Tips Sebelum Menghangatkan Makanan

1. Simpan makanan dengan baik

Salah 1 faktor yang sangat penting untuk diingat yaitu saat menyimpan makanan adalah mendinginkannya sesegera mungkin. Jadi, setiap saat kita akan menyimpan makanan yang tersisa, segera dinginkan makanan tersebut biar tahan lama.

Jangan simpan makanan dalam keadaan masih hangat atau panas. Jadi, jauhkan makanan dari sumber panas. Jangan pernah meninggalkan makanan di luar kulkas selama berjam- jam atau semalaman hal seperti itu akan membuat makanan tidak tahan lama.

2. Tidak semua makanan harus dipanaskan kembali, Tips Sebelum Menghangatkan Makanan

menghangatkan kembali makanan yang tinggi protein kemungkinan besar menyebabkan keracunan makanan. Aturan sederhananya adalah mendinginkan sisa makanan dengan cukup cepat, menyimpan dengan benar, dan makan dalam jumlah waktu yang sudah disarankan.

menghangatkan nasi juga bisa menjadi problematika tersendiri. Nasi yang disimpan pada suhu kamar tidak aman untuk dimakan karena mudah basi.

Idealnya, kita bisa mendinginkan nasi dalam waktu 1 jam dan menyimpannya di lemari es kemudian memakan sisanya dalam waktu 24 jam. Panaskan kembali nasi seperti saat pertama kali matang sebelum disajikan.

3. menghangatkan ulang, Tips Sebelum Menghangatkan Makanan

Sisa makanan di kulkas idealnya masih dapat dimakan dalam kurang lebih 2 hari dari penyimpanannya. Untuk sisa makanan dari freezer harus dimakan dalam waktu 24 jam.

Nah selain itu, makanan harus sudah dicairkan sepenuhnya sebelum dipanaskan dengan menggunakan microwave. Makanan harus dipanaskan kembali secara menyeluruh.

Jika kita menghangatkan nya kembali dalam microwave, aduk makanan saat di tengah proses pemanasan sehingga panas menyebar secara merata. Selain itu, jangan menghangatkan ulang atau membekukan lebih dari satu kali karena dapat meningkatkan risiko keracunan makanan.

4. Dinginkan sepenuhnya

Sebelum anda memasukkan makanan ke dalam lemari es atau freezer, pastikan makanan tersebut didinginkan dengan secara menyeluruh. Makanan hangat bisa meningkatkan suhu lemari es dan memberi ruang bagi bakteri untuk berkembang biak.

Ini tidak hanya mempengaruhi sisa makanan, tetapi juga makanan lain yang disimpan di lemari es. Selain itu, pastikan makanan disimpan dalam wadah kedap udara. Sisa makanan harus tertutup rapat dan dipisahkan dari makanan lain untuk mencegah kontaminasi makanan.

Contoh Cara Menghangatkan Martabak

1. Dihangatkan menggunakan microwave

Menghangatkan martabak menggunakan microwave bisa dilakukan secara penghangatkan sedikit demi sedikit. Jadi tidak langsung dalam keadaan suhu yang tinggi dan waktu yang lama. Caranya mudah, atur suhu secukupnya. Letakkan martabak pada posisi yang benar.

Dan panaskan martabak dalam waktu 1 menit. Cek martabak apakah sudah cukup hangat atau belum. Jika belum maka menghangatkan kembali dalam interval 30 detik. Lakukan hal ini hingga mencapai suhu hangat yang diinginkan. Rasa martabak akan tetap terasa enak dan tidak mubazir.

2. Dihangatkan menggunakan oven

Menghangatkan martabak menggunakan oven. Cara ini hampir sama dengan menghangatkan menggunakan microwave. Menghangatkannya dengan cara sedikit demi sedikit. Namun, sebelumnya panaskan oven terlebih dahulu.

Atur suhu sesuai ketentuan. Setelah oven sudah dalam posisi panas, masukkan martabak dan atur ulang suhu sesuai dengan kebutuhan. Tentukan timer selama 1 menit.

Cek martabak sudah hangat atau belum. Sebelum, masukkan martabak ke dalam oven dan atur waktu dalam interval 30 detik. Hingga martabak terasa hangat sesuai dengan keinginan.

Bila Anda ingin mudah untuk menghangatkan makanan saya rekomendasikan menggunakan etalase penghangat makanan.

Sekian dari saya bila ada salah perkataan yang saya sampaikan mohon di maafkan dan semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

Tak lupa juga kepada yang sudah membaca artikel aku ini semoga selalu setia di artikel aku ini dan jangan lupa share artikel ini kepada teman teman anda agar meraka semakin tau. Sekian dan terimakasih.